Airlangga Hartarto Bicara Peluang Jadi Menko Perekonomian Lagi: Kita Tunggu

Rahayu Subekti
15 Oktober 2024, 19:18
airlangga, airlangga hartarto, prabowo
Katadata/Rahayu Subekti
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat sesi doorstop dengan para wartawan di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (3/10).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju yang dipanggil ke kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Senin (14/10). Setelah pemanggilannya itu, Airlangga berpeluang untuk bergabung ke dalam kabinet Prabowo.

Mengenai kepastian posisi terbarunya nanti, Airlangga belum mau membocorkan arahan Prabowo untuk pemerintahannya. “Kalau itu kita tunggu,” kata Airlangga saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (15/10).

Airlangga memastikan posisi baru untuk dirinya akan disampaikan langsung oleh Prabowo. Ia hanyamengungkapkan sejumlah pesan yang sudah disampaikan Prabowo untuk dirinya saat sudah resmi bergabung di dalam kabinetnya.

“Pak Presiden terpilih berharap bahwa keberlanjutan terutama pertumbuhan, kemudian swasembada ini terus didorong,” ujar Airlangga.

Dia juga mengatakan Prabowo meminta dirinya untuk menjaga kondisi geopolitik antara blok Eropa dan Timur. Hal itu termasuk juga keterkaitan dengan kerja sama global.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2020, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memiliki tugas untuk menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang perekonomian.

Selama ini, Airlangga bertanggung jawab dalam mengendalikan situasi perekonomian nasional. Hal itu juga termasuk mengkoordinasikan dengan kementerian dan lembaga terkait agar pasokan pangan terjaga dan inflasi terkendali.

Reporter: Rahayu Subekti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...