Jokowi Soal Rencana Pulang ke Solo Pakai Pesawat Komersil: Belum Beli Tiket

Muhamad Fajar Riyandanu
16 Oktober 2024, 14:28
jokowi, solo, jokowi pulang
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo usai mendarat di Bandara VVIP IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa (24/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara soal transportasi untuk kepulangannya ke Solo, Jawa Tengah akhir pekan nanti. Jokowi akan pulang ke kampung halamannya usai pisah sambut dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Minggu (20/10).

Jokowi menyampaikan keterangan tersebut saat menjawab pertanyaan wartawan. Sembari tertawa, Jokowi menjawab pertanyaan wartawan dengan humor disertai pengakuan moda transportasi pulangnya ke Solo belum diputuskan.

Enggak tahu. Belum beli tiket,” kata Jokowi kepada wartawan seusai meresmikan Tol Ruas Indrapura-Kisaran, Sumatera Utara pada Rabu (16/10).

Rencana mengenai kepulangan Jokowi menggunakan pesawat umum pernah dilontarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dia mengatakan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyiapkan tiket pesawat komersil tujuan Solo untuk kepulangan Presiden dan Ibu Negara Iriana setelah lengser dari jabatannya.

Pratikno mengatakan Jokowi dan Iriana akan berangkat ke Solo setelah acara pisah-sambut presiden di Istana Merdeka Jakarta. Pada momen itu, Jokowi akan menyambut kedatangan Prabowo setelah dilantik menjadi presiden di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Jakarta.

“Nanti kami atur, jadi pokoknya komersil sudah siap,” kata Pratikno kepada wartawan di ruang media atau press room Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (8/10).

Kendati berencana untuk menggunakan pesawat komersil untuk bertolak ke Solo, Jokowi akan tetap mendapatkan fasilitas keprotokolan dan pengawalan dari pasukan pengaman presiden atau Paspampres.

"Ada grup tersendiri untuk mantan presiden dan mantan wakil presiden," ujar Pratikno.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...