Jadwal Lengkap Pelantikan Prabowo - Gibran Lusa, Dimulai Pukul 10.00 WIB

Ameidyo Daud Nasution
18 Oktober 2024, 21:54
prabowo, gibran, pelantikan
Fauza Syahputra|Katadata
Pedagang foto Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menunggu pembeli di Pasar Baru, Jakarta, Senin (13/5/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan mengambil sumpah jabatan pada Minggu (20/10). Acara tersebut akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Dalam agenda pokok sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), acara akan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta mengheningkan cipta.

Setelah itu, Sidang Paripurna MPR akan resmi dibuka pada 10.06 WIB. Sidang akan dibuka Ketua MPR Ahmad Muzani.

Pembacaan sumpah Presiden dan Wakil Presiden akan berlangsung pada 10.26 hingga 10.30 WIB. Setelah itu acara berlanjut dengan penandatanganan dan penyerahan Berita Acara Pelantikan.

Dari sini, posisi duduk Prabowo-Gibran akan bertukar dengan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Pimpinan MPR lalu melanjutkan Sidang Paripurna.

Pukul 10.47 WIB, Prabowo dijadwalkan akan berpidato secara perdana sebagai Presiden. Pidato tersebut rencananya akan digelar hingga 11.05 WIB.

Acara lalu dilanjutkan dengan pembacaan doa serta penutupan. Sidang akan ditutup dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Pukul 11.23 WIB, Sidang Paripurna Pelantikan dijadwalkan rampung.

Prabowo-Gibran dijadwalkan akan berpawai ke Istana Kepresidenan untuk menjalani acara pisah sambut dengan Jokowi-Ma'ruf. Setelah itu, Prabowo akan melepas Jokowi yang akan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...