Prabowo Bakal Umumkan Formasi Kabinet pada Minggu Malam Usai Pelantikan

Ferrika Lukmana Sari
19 Oktober 2024, 16:39
Prabowo
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Presiden Terpilih Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Prabowo akan kembali melanjutkan memanggil sejumlah tokoh yang akan menjadi calon menteri dan calon wakil menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan pada Selasa (15/10).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan bahwa presiden terpilih Prabowo Subianto bakal mengumumkan jajaran kabinet pemerintahannya pada Minggu (20/10) malam.

"Ada dinner (makan malam) kepala negara, dan setelah itu mengumumkan kabinet," kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10).

Setelah Prabowo resmi dilantik di kompleks parlemen pada Minggu (20/10) pagi hingga siang, dia akan menuju Istana Kepresidenan di Jakarta.

"Rencananya, sebelum perjalanan, Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) akan mendahului menuju istana, dan kemudian Pak Jokowi akan menyambut presiden yang baru dilantik," ujarnya.

Setelah itu, kata Muzani, Jokowi bakal meninggalkan Istana Kepresidenan dan berangkat menuju Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Diketahui, Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka bakal dilantik menjadi presiden dan wakil presiden periode 2024-2029  di Gedung MPR/DPR pada Minggu (20/10). Setelah itu, keduanya akan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Jokowi.

Calon Menteri Dipanggil ke Kediaman Prabowo

Sebelumnya, sebanyak 49 tokoh yang disebut sebagai calon menteri diundang untuk bertemu Prabowo di rumahnya, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10).

Mereka dipanggil untuk ditempatkan di posisi pos kementerian yang telah dipersiapkan Prabowo. Para tokoh itu terdiri dari politisi, akademisi, hingga menteri era Presiden Jokowi. 

Kemudian pada Selasa (15/10), sekitar 59 calon wakil menteri maupun calon kepala badan bertemu dengan Prabowo di kediamannya.

Beberapa di antaranya adalah pesohor Raffi Ahmad, Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Giring Ganesha, mantan atlet Taufik Hidayat, hingga musisi Yovie Widianto.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...