Anies Baswedan dan Cak Imin Hadir di Pelantikan Prabowo, Mahfud MD Absen

Ade Rosman
20 Oktober 2024, 08:47
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan) dan Muhaimin Iskandar (kiri) melambaikan tangannya usai mengikuti jalannya sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024)
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wpa.
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan) dan Muhaimin Iskandar (kiri) melambaikan tangannya usai mengikuti jalannya sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 dan 3, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar terpantau hadir di pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10) di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Sementara Mahfud MD tidak hadir karena menengok ibunya di Surabaya.

Sementara itu berdasarkan pantauan hingga pukul 08.35, Calon Presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo, belum hadir di lokasi. Namun sebelumnya, Ganjar dikabarkan hadir di acara tersebut. 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengucapkan selamat pada Prabowo. Ia berharap Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo mencapai kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh masyarakat.

"Kita ucapkan selamat berjuang, selamat bekerja, selamat mengabdi kepada pak prabowo dengan sepenuh jiwa. Untuk kemajuan bangsa. Dan kita berharap pemerintah ke depan harus sukses, pemerintahan yang akan datang harus bisa mewujudkan keadilan, kesejahteraan dan kemakmuran," kata dia.

Prabowo-Gibran hari ini akan dilantik secara resmi sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada Minggu (20/9). Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani sebelumnya mengatakan Prabowo akan mengumumkan susunan kabinet lengkap usai dilantik.

"Ada dinner (makan malam) kepala negara, dan setelah itu mengumumkan kabinet," kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10).

Mahfud MD Absen

Sementara itu, Mahfud MD menyatakan dirinya tidak hadir di pelantikan Prabowo. Dia mengatakan harus menjenguk ibunya di Surabaya.

"Pagi ini saya seharusnya siap-siap ke gedung MPR untuk menghadiri pelantikan Presiden. Tetapi tiba-tiba saya harus menjenguk ibu di Surabaya," ujarnya melalui media sosial X, Minggu (20/10).

Dia mengatakan, sudah memberitahukan pada pimpinan MPR mengenai ketidakhadirannya. "Ibu saya sudah berusia 94 tahun, mudah-mudahan disehatkan oleh Allah SWT," ujarnya.



Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...