Seba-serbi Pelantikan Prabowo Jadi Presiden, Janur Kuning hingga Titiek Soeharto

Tia Dwitiani Komalasari
20 Oktober 2024, 13:27
Mantan istri Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Titiek Soeharto berjalan keluar dari kediaman Prabowo Subianto jelang pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu (20/10/2024).
ANTARA FOTO/Fauzan
Mantan istri Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Titiek Soeharto berjalan keluar dari kediaman Prabowo Subianto jelang pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu (20/10/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden RI dan Wakil Presiden RI setelah mengucapkan janji di Gedung MPR, Jakarta, Minggu (20/10). Terdapat sejumlah potret menarik dari momen pelantikan Presiden RI ke-8 tersebut.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," kata Prabowo mengucap sumpah, diikuti dengan Gibran.

Pengambilan sumpah itu dilaksanakan dalam sidang paripurna MPR yang dihadiri oleh 709 dari 731 anggota MPR dan dipimpin Ketua MPR Ahmad Muzani.

Berikut sejumlah cerita menarik mengenai pelantikan Prabowo yang dirangkum Katadata.co.id:

1. Dihiasi Janur Kuning

Enam janur kuning menghiasi Gedung Kura-kura Senayan, Jakarta Pusat, saat pelantikan Prabowo menjadi presiden RI pada Minggu (20/10). Terlihat enam janur kuning terpasang di sepanjang tangga yang sudah dilatari karpet berwarna merah.

Wakil Ketua DPR dari Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan janur kuning itu merupakan adat yang melambangkan hajatan. Sementara hari ini merupakan perhelatan besar pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang baru.

"Nah tentunya hal itu tidak perlu dipersoalkan dan kita mari berdoa semoga acara pada hari ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya.

2. Prabowo-Gibran Pilih Gunakan Beskap Betawi

Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengenakan Beskap Betawi yang merupakan pakaian para demang dalam adat betawi yang disebut Pakaian Bangsawan atau Ujung Serong.  Prabowo menggunakan beskap biru tua, sementara Gibran memilih warna hitam.

Prabowo dan Jokowi
Prabowo dan Jokowi (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

 Hal itu berbeda dengan pelantikan sebelumnya, dimana biasanya Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih menggunakan pakaian jas. Selain Prabowo-Gibran, Presiden 2014-2024 Joko Widodo dan Wapres RI 2019-2024 Ma'ruf Amin juga menggunakan Beskap Betawi warna hitam.

Prabowo tiba di gedung MPR sekitar pukul 09.10 WIB. Ia juga mengenakan kain wastra nusantara di pinggang. Prabowo dan Gibran tak lupa mengenakan kopiah hitam yang menjadi ciri khas pakaian resmi laki-laki Indonesia.  Gibran tiba lebih dulu beserta istrinya Selvi Ananda tiba di lokasi acara pelantikan Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu pada pukul 8.30 WIB.

3. Titiek Soeharto Bertolak dari Rumah Prabowo

Prabowo Subianto didampingi anak semata wayangnya Didit Hediprasetyo dan adiknya  Hashim Djojohadikusumo berangkat dari rumah Kartanegara menuju Gedung MPR yang menjadi lokasi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Sementara Titiek Soeharto tiba lebih dulu di Gedung MPR, meskipun sebelumnya sama-sama bertolak dari rumah Prabowo di Jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta. Titiek nampak cantik menggunakan kebaya biru langit yang merupakan warna seragam anggota DPR dari Gerindra. 

Politisi Partai Gerindra, Prasetyo Hadi, menyampaikan Titiek Soeharto tidak berangkat bersama dari Kertanegara karena statusnya sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Hanya keluarga inti saja, yang lain terpisah. Berangkat sendiri-sendiri dari kediaman," ujarnya.

Prabowo Subianto datang menggunakan mobil Toyota Alphard warna putih yang biasa digunakan selama berdinas di Kementerian Pertahanan.

4. Megawati - Ganjar Absen, Anies dan Cak Imin Hadir

Sejumlah tokoh menghadiri pelantikan Prabowo - Gibran sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI. Mereka adalah Presiden dan wakil presiden sebelumnya, ketua umum partai politik, tamu negara, duta besar, hingga tokoh besar lainnya.

Namun, Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tidak tampak hadir dalam pelantikan tersebut. Begitu juga dengan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dari PDIP dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 tidak hadir, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ahmad Basarah, mengatakan Megawati Soekarnoputri tidak hadir karena kelelahan setelah  menjalani lawatan napak tilas ke Saint Petersburg, Rusia dan Uzbekistan. 

Dalam kunjungannya, Megawati mengunjungi tempat-tempat yang memiliki hubungan dengan Soekarno. Lawatan napak tilas ini terkait dengan peran Soekarno dalam permintaan untuk mengembalikan fungsi sebuah masjid di Uzbekistan yang sempat dijadikan gudang oleh pemerintah komunis Soviet, serta usaha menemukan makam Imam Bukhari, salah satu ulama besar dalam sejarah Islam.

Sementara Mahfud MD menyatakan tidak hadir karena harus mengunjungi ibunya di Surabaya. "Pagi ini saya seharusnya siap-siap ke gedung MPR untuk menghadiri pelantikan Presiden. Tetapi tiba-tiba saya harus menjenguk ibu di Surabaya," ujarnya melalui media sosial X, Minggu (20/10).

Dia mengatakan, sudah memberitahukan pada pimpinan MPR mengenai ketidakhadirannya. "Ibu saya sudah berusia 94 tahun, mudah-mudahan disehatkan oleh Allah SWT," ujarnya.

Sementara itu, pasangan Capres-Cawapres lainnya Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar kompak menghadiri acara pelantikan tersebut.

5. Kaesang, Kahiyang, dan Bobby Disoraki

Putra putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, Kahiyang Ayu, dan menantunya Bobby Nasution, disoraki saat menghadiri pelantikan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 di gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Minggu (20/10). Momen tersebut terjadi ketika ketiga putra putri dan menantu Jokowi itu disorot oleh kamera.

Kaesang, Kahiyang, Bobby
Kaesang, Kahiyang, Bobby (Istimewa)

 Sebelum menyorot mereka, kamera tampak menampilkan para mantan wakil presiden yang hadir yakni Jusuf Kalla, Boediono, dan Try Sutrisno yang duduk berdampingan. Peserta sidang pun memberikan tepuk tangan saat kamera menyoroti tiga wakil presiden tersebut.

Namun suasana berganti saat kamera menyorot Kaesang, Kahiyang, dan Bobby. Sebagian peserta sidang yang hadir memberikan sorakan 'huuu' yang bergema di ruang sidang paripurna.

Mendengar sorakan itu, ketiganya hanya tersenyum. Bobby juga mengernyitkan dahinya. Setelah menyorot putra putri dan menantu Jokowi, kamera lalu menampilkan suasana di ruang sidang paripurna. 

Pada kesempatan itu, Kaesang dan Bobby menggunakan setelan rapi berbalut jas. Sedangkan Kahiyang mengenakan kebaya merah.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...