Prabowo Isi Pengarahan kepada Menteri di Akmil, Beri Program 100 Hari Kerja

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Oktober 2024, 16:35
prabowo, menteri, kabinet merah putih, akmil
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Sejumlah menteri dan kepala lembaga tinggi negara Kabinet Merah Putih mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Para menteri dan wakil menteri atau wamen Kabinet Merah-Putih akan menjalani pengarahan dan pembekalan di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah selama tiga hari. Pengarahan itu dimulai sejak Kamis, 24 Oktober pekan ini.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk menyamakan visi Presiden Prabowo Subianto kepada para menteri dan wamen Kabinet Merah-Putih sebelum mulai aktif.

"Tanggal 24 itu ada penyamaan visi yang akan dilakukan di Akmil selama tiga hari. Setelah itu mulai bekerja," kata Dasco di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (22/10).

Dasco mengatakan Prabowo menjadi salah satu pemateri yang akan memberikan pengarahan kepada para menteri dan wamen Kabinet Merah-Putih. Salah satunya adalah target program pemerintah dalam 100 hari ke depan.

"Program-program ini menterinya harus paham, dan juga harus sangat mengerti mengenai apa yang harus dilakukan," ujarnya.

Kendati mengetahui waktu pelaksanaan kegiatan pembekalan para menteri dan wamen di Akmil, Dasco menyatakan dirinya tak tahu menahu soal materi yang akan disampaikan dalam pada agenda tersebut.

Ketua Harian Partai Gerindra itu menyebut dirinya tidak ikut dalam penyusunan acara di Akmil pekan ini. "Dan saya juga tidak ikut ke sana," kata Dasco.

Presiden Prabowo Subianto kini dibantu oleh 109 menteri dan wakil menteri anggota Kabinet Merah-Putih di pemerintahan periode 2024-2029. Secara rinci, Prabowo memiliki 53 menteri dan kepala lembaga.

Komposisi menteri di Kabinet Merah-Putih terdiri dari 7 kementerian koordinator, 41 kementerian teknis dan 5 kementerian/lembaga di luar koordinasi kementerian koordinator. Selain itu, Kabinet Merah-Putih juga diramaikan oleh 56 wakil menteri.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...