KAI Telah Jual 3,4 Juta Tiket hingga H-1 Lebaran, Mayoritas Rute Jarak Jauh


PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menjual 3.407.630 tiket hingga H-1 Lebaran. Angka tersebut setara 74,2% dari total kapasitas 4.591.510 tempat duduk yang tersedia.
"Tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 3.041.548 dengan tingkat okupansi 88,3%. Sedangkan tiket KA Lokal terjual sebanyak 366.082 tiket atau 31,9%," kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikutip dari Antara, Minggu (30/3).
Sejak periode angkutan Lebaran dimulai pada 21 Maret hingga 29 Maret, KAI telah melayani 1.659.954 penumpang.
Anne mengatakan stasiun dengan volume keberangkatan tertinggi adalah Pasarsenen, Gambir, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Semarang Poncol, Bekasi, Bandung, dan Purwokerto.
Sedangkan, PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) mencatat penjualan tiket Whoosh mencapai 170 ribu hingga H-1 lebaran Idulfitri 2025 atau per 30 Maret 2025. General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menyatakan lonjakan penumpang terus terjadi sejak H-4 lebaran.
"Ini mencerminkan tingginya minat masyarakat dalam menggunakan Whoosh sebagai moda transportasi andalan untuk perjalanan mudik," ujar Eva dalam keterangan tertulis, Minggu (30/3).
Sejak H-4 lebaran atau Kamis (27/3), jumlah penumpang Whoosh konsisten di angka sekitar 18 ribu per hari, meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya. Tren peningkatan ini juga terlihat dari jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Halim menuju Bandung, baik ke Stasiun Padalarang maupun Stasiun Tegalluar Summarecon.