Beda Anies dan Heru Budi Atasi Masalah Warga Kampung Bayam

Image title
19 Januari 2024, 17:00
Kampung Bayam
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Ilustrasi, warga Kampung Bayam berunjuk rasa di depan Kampung Susun Bayam, Jakarta, Senin (21/11/2022). Aksi tersebut dilakukan untuk menagih janji PT Jakarta Propertindo dan Pemprov DKI agar warga bisa menempati rumah susun sesuai dengan kesepakatan yang telah dijanjikan.
Button AI Summarize

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan buka suara terkait polemik warga eks Kampung Bayam yang belum usai. Sebelum mengisi program Desak Anies di Half Pati Unus, Kamis (18/1), Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 didatangi beberapa warga Kampung Bayam.

Seorang pria berbaju putih memeluk Anies sembari menangis tersedu-sedu. Dia mencurahkan kegelisahannya yang belum mendapat kepastian tempat tinggal.

"Pak, nasib kami gimana, belum ada kepastian tempat tinggal," kata pria itu.

Anies berjanji akan menyelesaikan permasalahan tersebut. "Nanti kita beresin bersama, bismillah ya, sabar dulu ya," kata Anies.

Pada akhir Desember 2023, sebanyak 40 kepala keluarga (KK) eks Kampung Bayam diketahui menduduki paksa Kampung Susun Bayam, meski tidak mendapatkan pasokan listrik dan air. Hal ini membuat PT Jakarta Propertindo atau Jakpro selaku pengelola, melaporkan 40 KK tersebut ke Polres Metro Jakarta Utara.

Awal tahun ini, Anies sempat mengkritik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, karena belum memberikan izin tinggal sejumlah warga eks Kampung Bayam untuk tinggal di Kampung Susun Bayam, yang kini berubah nama menjadi Hunian Pekerja Pendukung Operasional Jakarta International Stadium (HPPO-JIS).

"Jadi ini salah satu contoh bagaimana kelanjutan itu harus dituntaskan. Menurut saya tega sekali ketika tempat itu sudah disiapkan, namun tidak diberikan kepada warga Kampung Bayam yang seharusnya masuk ke tempat itu," kata Anies, dilansir dari Liputan 6.

Polemik Kepastian Tempat Tinggal Warga Eks Kampung Bayam

Warga Kampung Bayam belum bisa tempati hunian
Warga Kampung Bayam belum bisa tempati hunian (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom)

Polemik ini bermula dari rencana pembebasan lahan Kampung Bayam, yang digunakan sebagai lokasi penempatan alat-alat berat ketika JIS dibangun. Di lahan tersebut, tercatat ada sebanyak 604 KK atau 1.612 jiwa warga.

Pada 18 Agustus 2021, Jakpro telah menuntaskan program ganti untung atau resettlement action plan terhadap 642 KK Kampung Bayam. Mereka terdiri dari para pemilik rumah tinggal maupun pengontrak. Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI Jakarta saat itu, menjanjikan warga eks Kampung Bayam akan dipindahkan ke rumah susun, yang juga akan dibangun di kawasan tersebut.

Pembangunan rumah susun Kampung Bayam pun dimulai pada 7 Mei 2022, dan diresmikan oleh Anies pada 12 Oktober 2022. Rumah susun bernama Kampung Susun Bayam ini terdiri dari tiga tower, dan memiliki total 138 unit hunian.

Tak lama setelah itu, Anies menyelesaikan masa jabatannya selaku Gubernur DKI Jakarta pada 20 Oktober 2022. Namun, sejak rumah susun diresmikan hingga Anies menyerahkan jabatannya, warga eks Kampung Bayam belum mendapatkan izin tinggal.

Penyebabnya, warga eks Kampung Bayam belum menemukan titik temu kesepakatan harga sewa dengan Jakpro, selaku pengelola. Ini karena Jakpro menetapkan harga sewa sebesar Rp 1,5 juta per bulan, yang dinilai warga terlalu memberatkan. Jakpro kemudian merevisi tarif sewa tersebut menjadi Rp 565.000-Rp 715.000 per bulan, namun warga masih menganggap besaran tersebut memberatkan.

Warga eks Kampung Bayam menilai tarif sewa yang dikenakan Jakpro tersebut, tidak sesuai dengan Pergub Nomor 55 tahun 2018 Penyesuaian Tarif Retribusi Pelayanan Perumahan. Sesuai beleid tersebut, unit rumah susun bertipe 30 untuk warga terprogram dikenakan tarif sewa Rp 272.000-Rp 372.000 per bulan. Sementara, unit tipe 36 dikenakan tarif sewa Rp 294.000-Rp 394.000 per bulan.

Hingga pertengahan 2023, warga eks Kampung Bayam yang sebelumnya tinggal di bangunan sementara berunjuk rasa dengan mendirikan tenda di pinggir jalan. Mereka yang mendirikan tenda, adalah warga Kampung Bayam yang tidak sanggup untuk membayar kontrakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...