Mengenal Sosok Dua Moderator Pemandu Debat Cawapres di Pilpres 2024

Ira Guslina Sufa
22 Desember 2023, 15:40
Debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar (kanan), berbincang dengan Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka (kir) dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat antar calon wakil presiden pada Jumat (22/12). Debat yang berlangsung di Jakarta Convention Center itu akan dipandu oleh dua orang moderator yang telah ditunjuk oleh KPU. Moderator ini dipilih berdasarkan penilaian KPU dan berbeda dari moderator yang memandu debat calon presiden sebelumnya.

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, menyatakan dua moderator yang terpilih akan mengatur jalannya debat. Debat kedua merupakan ajang bagi Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. 

Pada debat perdana ini, para cawapres akan beradu gagasan mengenai ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Acara tersebut akan disiarkan di beberapa stasiun televisi swasta, termasuk TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV, mulai pukul 19.00 WIB dengan pembagian enam segmen.

Berikut profil singkat kedua moderator debat cawapres perdana pada Pemilihan Presiden 2024

Profil Moderator Debat Cawapres Alfito Deannova

Alfito Deannova, atau yang akrab disapa Fito, memulai kariernya di dunia media sebagai penyiar Radio Suara Kejayaan 101,6 FM pada tahun 1996 hingga 1999. Ia menjadi penyiar sambil menyelesaikan studi di Jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi UI, lulus pada September 2000. Setelah itu, Fito terjun ke bidang jurnalistik sebagai pembaca berita dan jurnalis di Liputan 6 SCTV dari 2000 hingga 2007.

Selama tujuh tahun di media EMTEK, Fito aktif bersama Karni Ilyas membangun citra tvOne sebagai saluran berita yang aktual. Dia juga mengembangkan program berita sendiri, Alfito Show, yang membawanya meraih Panasonic Award 2010 kategori News Talk Show. Fito kemudian bergabung dengan CNN Indonesia pada 2015 dan sejak 2019 menjabat sebagai Pemimpin Redaksi detik.com.

Profil Moderator Debat Cawapres Liviana Cherlisa

Liviana Cherlisa, alumni Jurusan Broadcast Journalism Universitas Al-Azhar Jakarta 2011, telah aktif menjadi pembawa acara berita di MNC TV sejak 2009 hingga 2012. Karirnya berlanjut di Kompas TV sejak Maret 2012, di mana dia menjadi pembaca acara berita dan produser sejak Desember 2015. Di Kompas TV, Liviana memandu beberapa program berita, antara lain Sapa Malam, Talkshow Dua Arah, dan Livi On Point.

Selain kiprahnya di dunia jurnalistik, Liviana juga pernah menjadi peserta dalam ajang kontes kecantikan Miss Indonesia pada 2009, mewakili provinsi Maluku Utara. Maluku Utara sendiri berhasil mencetak beberapa prestasi dalam ajang tersebut, dengan prestasi tertinggi adalah 5 besar pada penyelenggaraan Miss Indonesia 2006 dan 2012.

Dengan latar belakang dan pengalaman yang beragam, Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam memandu debat cawapres yang akan menjadi salah satu momentum krusial dalam Pemilihan Presiden 2024.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...