Ramai Isu Beli Ijazah, Ini Profil Pendidikan Gibran Rakabuming Raka

Image title
17 November 2023, 14:33
Gibran Rakabuming
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/tom.
Ilustrasi, bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pidato politiknya saat deklarasi pasangan capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebelum melakukan pendaftaran menuju Gedung KPU di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi bahan perbincangan publik selama beberapa bulan terakhir. Ini karena putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut diusung menjadi calon wakil presiden (Cawapres) Prabowo Subianto dalam gelaran Pilpres 2024.

Nama Gibran disebut-sebut dalam kisruh putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas minimal usia calon presiden dan calon wakil presiden yang dianggap memuluskan langkahnya sebagai cawapres. Yang terbaru, nama Gibran kembali mencuat di media sosial X, seseorang yang menggunakan nama akun @DokterTifa menuding Gibran menggunakan ijazah palsu untuk mengklaim pendidikan tinggi di Australia. Ia menyebutkan, Gibran hanya lulusan setara kursus atau D1, bukan lulusan sarjana strata satu (S1).

Isu ini juga sempat ramai dibicarakan pada 2022 lalu, di mana Gibran kemudian menggapinya dengan seloroh santai. "Beli di Shopee dapat cashback dan free ongkir," kata Gibran melalui lewat akun Twitter (X) miliknya, @gibran_tweet.

Cuitan santai tersebut makin memicu serangan terhadap dirinya, sehingga pada Oktober 2022 lalu, ia menyebut orang yang menudingnya membeli ijazah di luar negeri adalah orang yang kurang kerjaan. Gibran menjelaskan, perlu perjuangan untuk bisa lulus dari kuliah di luar negeri.

Ia kemudian mengatakan akan mengunggah fotonya saat wisuda ke media sosial, untuk merespons tudingan membeli ijazah di luar negeri. Namun, sebuah akun bernama  @yusuf_dumdum telah mengunggah foto wisuda Gibran. "Gibran @gibran_tweet tercyduk beli ijazah dari luar negeri. Pasti mahal bayarnya," cuit akun @yusuf_dumdum.

Merespons postingan tersebut, Gibran lantas menyarankan agar akun @DokterTifa menganalisisnya. Akun ini kemudian menyatakan bahwa foto wisuda Gibran Rakabuming Raka yang diunggah @yusuf_dumdum adalah foto asli.

Berkaitan dengan tudingan yang beredar di media sosial X tersebut, berikut ini ulasan mengenai profil pendidikan Gibran Rakabuming Raka, mulai dari pendidikan dasar hingga jenjang pendidikan tinggi.

Profil Pendidikan Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka diketahui menempuh pendidikan dasar dan menengah pertama di Surakarta, Jawa Tengah. Pendidikan dasar ia tempuh di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Mangkubumen Kidul. Sementara itu, pendidikan jenjang menengah pertama ditamatkannya di  Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta.

Pria kelahiran 1 October 1987 ini kemudian melanjutkan pendidikan di Orchid Park Secondary School. Mengutip laman resminya, Orchid Park Secondary School adalah salah satu sekolah unggulan di Singapura, yang memiliki fokus pendidikan di bidang kesenian, dan keterampilan kewirausahaan.

Jenjang pendidikan tinggi, yakni S1, ditempuh Gibran di Management Development Institute of Singapore (MDIS), dan lulus pada 2007. Gibran kemudian mengikuti program Insearch University of Technology Sydney (UTS), dan menyelesaikan studi pada 2010.

Mengutip utscollege.edu, Insearch Limited atau disebut juga UTS College, adalah entitas yang berada di bawah naungan UTS. Ini merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menyediakan program jalur masuk ke UTS.

Program Insearch memiliki jangka waktu 8 bulan untuk program akselerasi dan 12 bulan untuk program standar. Ada juga program Direct Entry English Program (DEEP), yang diambil untuk melanjutkan studi di UTS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...