Survei Terbaru CSIS: Prabowo-Gibran Unggul Jauh, Anies Kalahkan Ganjar

Ira Guslina Sufa
27 Desember 2023, 15:35
Survei capres cawapres di Pilpres 2024
Katadata/Lambok Hutabarat
Ilustrasi pasangan capres cawapres di Pilpres 2024

Survei terbaru yang dirilis Centre for Strategic and International Studies atau CSIS menunjukkan adanya pergeseran elektabilitas para calon presiden dan wakil presiden. Berdasarkan survei terbaru yang dirilis Rabu (27/12) pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menempati posisi pertama dengan perolehan 43,7%. 

Raihan suara Prabowo - Gibran berada jauh di atas dua pasangan lainnya. Pada posisi kedua ada pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 26,1%. Di urutan ketiga ada pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan elektabilitas 19,4%. 

"Dalam survei masih terdapat 6,4% pemilih yang mengaku rahasia dan belum menentukan pilihan. Sedang 4,5% mengaku tidak tahu," ujar Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes dalam paparan survei.  

Menurut survei CSIS pasangan Prabowo - Gibran unggul di hampir semua wilayah. Persaingan ketat terjadi antara Prabowo - Gibran dan Anies - Muhaimin di wilayah Jakarta dan Banten dengan perolehan masing-masing 35,2%. Suara Prabowo dan Anies terpaut tipis di Sumatera dengan perolehan 34,4 % untuk pasangan nomor urut 1 dan 36,5% untuk pasangan nomor urut 2. 

Pasangan Ganjar - Mahfud hanya menang untuk satu wilayah yaitu Jawa Tengah dengan perolehan 43,5%. Di provinsi dengan jumlah pemilih 28,29 % itu Prabowo meraih 36.5% dan Anies 13%. 

Survei dilakukan CSIS dengan metode acak bertingkat atau multistage random sampling pada 13-18 Desember 2023. Survei melibatkan 1.300 responden di seluruh Indonesia dengan wawancara tatap muka. Adapun margin of error adalah 2,7% dengan tingkat kepercayaan 95%.  

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...