TPN Ganjar - Mahfud Susun Strategi Baru saat Tahu Prabowo Gaet Gibran

Amelia Yesidora
4 November 2023, 10:40
ganjar, mahfud, prabowo, gibran
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP), Andi Widjajanto bersiap memberikan keterangan pers di Media Center TPN, di Jakarta, Jumat (20/10/2023). M

Deputi Politik Tim Pemenangan Nasional Ganjar – Mahfud yakni Andi Widjajanto mengungkapkan strategi baru dalam Pemilu 2024. Taktik anyar ini disiapkan setelah Gibran Rakabuming resmi menjadi calon wakil presiden alias cawapres Prabowo Subianto.

Gibran Rakabuming merupakan kader PDIP. Sementara itu, PDIP mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Pilpres 2024.

Awalnya, Tim Pemenangan Nasional atau TPN Ganjar – Mahfud optimistis bisa menang satu putaran. Namun saat Gibran resmi menjadi cawapres Prabowo, mereka membuat strategi baru.

“Orang menduga ini akan menjadi dua putaran. Maka sekarang, data dan algoritme kami olah supaya sesuai dengan kondisi terkini. Bagaimana menghadapi Pilpres dengan tiga pasangan,” ujar Andi dalam Podcast Pergulatan Politik (Gultik) Katadata, yang tayang pada Jumat (3/11).

Eks Gubernur Lemhannas itu menjadi tim pemenangan dalam dua Pemilu terakhir dan keduanya di kubu PDIP.

Berdasarkan pengalamannya itu, Andi menyampaikan bahwa Pilpres 201 merupakan yang terberat. Saat itu PDIP menjadi oposisi selama 10 tahun dan ingin mengusung Joko Widodo atau Jokowi yang berasal dari pemerintahan.

Pasangan capres dan cawapres dalam Pilpres 2014 yakni Prabowo – Hatta didukung koalisi yang besar dan terdiri dari partai utama. Sementara itu, PDIP didukung oleh Hanura dan Nasdem.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...