Wakil Ketua KPK Akhirnya Minta Maaf Firli Bahuri Jadi Tersangka

Amelia Yesidora
24 November 2023, 11:26
firli bahuri, kpk, nurul ghufron
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Spt.
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (tengah) memberikan keterangan pers terkait penahanan tersangka dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial beras di Kementerian Sosial tahun anggaran 2020 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron meminta maaf atas penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka. Permintaan maaf ini disampaikan saat konferensi pers terkait operasi tangkap tangan di daerah Kalimantan Timur. 

“Saya sebagai salah satu dari pimpinan turut bertanggungjawab, karena itu meminta maaf kepada segenap bangsa Indonesia atas peristiwa tersebut,” kata Ghufron dalam keterangan yang diterima Jumat (24/11).

Ghufron mengatakan kegaduhan terkait Firli Bahuri bisa mengurangi kepercayaan masyarakat pada KPK sebagai pemberantas korupsi. Oleh karena itu, ia akan menjadikan peristiwa ini sebagai pelajaran serta evaluasi baik internal maupun eksternal. 

“Kami berkomitmen melakukan pembenahan serta terbuka untuk menerima saran dari masyarakat demi perbaikan ke depan,” ujarnya,.

Menurut Ghufron, OTT yang dilakukan menunjukkan KPK masih bekerja. Ia pun mengaku tidak terganggu dengan hiruk-pikuk tersebut, bahkan menyatakan masih ada harapan penuntasan korupsi di komisi antirasuah.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...