Hongqi Luxury L5, Mobil Super Mewah Rp 10 M yang Jemput Jokowi di Cina

Happy Fajrian
26 Juli 2022, 20:02
jokowi, cina, mobil mewah, hongqi luxury l5
hongqi-auto.com
Mobil Hongqi Luxury L5 yang menjemput Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Cina.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (26/7), memulai kunjungannya ke Cina untuk bertemu Presiden Xi Jinping. Keduanya akan membahas penguatan kerja sama bidang perdagangan dan investasi.

Ketika tiba di Beijing Capital International Airport, Beijing, Jokowi disambut dengan hangat oleh pejabat pemerintah Cina dan dijemput dengan salah satu mobil limosin termahal di Negeri Panda, Hongqi Luxury L5.

Mobil mewah yang dirilis pada 2013 ini sempat dikenal sebagai mobil termahal Cina yang dibanderol seharga 5 juta yuan, setara Rp 11,1 miliar dengan kurs saat ini Rp 2.218 per yuan. Mobil ini menjadi mobil resmi negara Cina, dan hanya dijual di Cina.

Pada saat peluncurannya, Hongqi L5 bersaing dengan mobil seperti Bentley Mulsanne dan Rolls-Royce Ghost. Namun pada kenyataannya L5 tidak benar-benar bersaing dengan apa pun karena keunikan serta kelangkaannya yang telah menciptakan kelasnya sendiri.

Hongqi, menegaskan identitas negara Cina dan bangsa Cina yang sangat kuat. Secara harfiah Hongqi berarti red flag atau bendera merah mewakili bendera negara Cina yang berwarna merah.

Perusahaan ini terkenal sebagai produsen limosin berdimensi besar untuk kendaraan kenegaraan dan mobil parade. Hongqi L5 menghormati warisan ini. Desainnya retro-modern dan terinspirasi oleh model terdahulunya Hongqi CA770 yang juga menjadi mobil kenegaraan.

Pendahulunya, Hongqi CA770, diproduksi dari tahun 1966 hingga 1981, dan hanya ada 847 unit yang dibuat, semuanya dijual kepada pemerintah Cina. Namun saat ini banyak yang berada di museum dan di tangan swasta. CA770 ditenagai oleh mesin Chrysler V8 5,6 liter 215 hp.

Hongqi Luxury L5 memiliki dimensi panjang 5.555 milimeter (mm) atau lebih dari 5,5 m, dengan angka 5 yang dipercaya sebagai angka keberuntungan dalam budaya Cina. Sementara lebar 2.018 mm (2,02 m), wheelbase 3.435 mm (3,44 m), tinggi 1.578 mm (1,58 m), dan berat bersih 3,15 ton.

Pada dapur pacu, L5 dibekali mesin 4 liter twin turbo V8 untuk model CA7400 dengan transmisi otomatis 6 percepatan, serta mesin 6 liter V12 untuk model CA7600 dengan transmisi otomatis 8 percepatan, dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 105 liter.

Sementara pada interiornya dilengkapi dengan panel kayu mawar dan kulit putih krem. Panel instrumen yang dipasang di tengah sepenuhnya digital dengan layar sentuh 8 inci untuk hiburan dan berbagai fungsi lainnya termasuk kontrol penyejuk udara dan navigasi satelit.

Pada kemudi, di bagian tengah setir terdapat logo bunga matahari emas. Dalam simbolisme Cina, bunga matahari berarti umur panjang dan keberuntungan. Hongqi telah menggunakan simbol ini untuk waktu yang sangat lama. Ada juga logo bunga matahari kecil di tengah roda.

Bagian depan yang mengesankan dengan ornamen tudung bendera merah, dengan desain gril krom sangat mirip dengan kipas tangan tradisional Cina serta lampu ultra retro sangat mirip dengan yang ada pada CA770.

Sedangkan di bagian belakang dilengkapi dengan bagasi yang super luas, desain lampu belakang diambil dari bentuk lampion tradisional Cina, bilah krom menghiasi di setiap sisi area pelat nomor yang juga terinspirasi dari CA770. Di atas pelat nomor terdapat logo Hongqi yang konon tulisan tangan Mao Zedong.

Mao, atau biasa disebut Chairman Mao (ketua Mao) adalah pemimpin dan pendiri negara Republik Rakyat Cina (People’s Republic of China) yang berkuasa pada 1943-1976.

Seri L5 telah dijual untuk publik tak lama setelah peluncurannya pada 2013. Pembelinya adalah pengusaha dan megabintang yang ingin memamerkan identitas mereka sebagai orang Cina. Hongqi terkait erat dengan Cina sebagai sebuah negara, lebih dari merek lokal lainnya, dan banyak pemilik Hongqi dengan bangga akan hal itu.

Hongqi juga memiliki seri L9 yang diproduksi khusus dan hanya bisa digunakan untuk kendaraan kenegaraan. Mengutip beberapa sumber, mobil khusus pemerintah yang dipakai oleh Xi Jinping ini berharga 10 juta yuan atau sekitar Rp 22 miliar.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...