Menjajal LRT, Transportasi Baru Modern Jakarta dengan Tarif Rp 5.000

Michael Reily
11 Juni 2019, 15:06
uji publik LRT
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Kereta Light Rail Transit (LRT) melintas saat uji publik di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Lintas Raya Terpadu (LRT) bakal hadir menjadi salah satu alternatif transportasi umum masyarakat Jakarta.
Selama sebelas hari, mulai Selasa (11/6) hingga Jumat (21/6) pekan depan diberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengikuti uji coba LRT Jakarta mulai pukul 05.30 sampai 23.00.

LRT Jakarta melintas dari Stasiun Boulevard Utara Kelapa Gading sampai Stasiun Velodrome Rawangun. Untuk rute fase pertama yang aktif hanya enam stasiun, yaitu Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome. Untuk uji coba publik, Stasiun Pegangsaan Dua yang menjadi depo LRT Jakarta tidak aktif.

Masyarakat yang ingin mengikuti uji publik bisa daftar secara online di situs internet https://lrtjakarta.co.id/uji-publik.html. Jika punya waktu luang, masyarakat pun bisa langsung datang ke salah satu stasiun di rute fase pertama dan daftar secara manual.

(Baca: Mulai Selasa 11 Juni, LRT Jakarta Akan Layani Uji Coba Publik Gratis)

Pendaftar uji coba kemudian akan mendapatkan tiket elektronik untuk divalidasi di stasiun untuk mendapatkan kartu Single Trip Journey sebagai akses masuk penumpang ke daerah berbayar. Nantinya, kartu Single Trip Journey akan diminta oleh petugas di gerbang tiket keluar setelah penumpang selesai menggunakan LRT Jakarta.

Warga Jakarta berada di dalam kereta Light Rail Transit (LRT) saat uji publik di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (11/6/2019).
Warga Jakarta berada di dalam kereta Light Rail Transit (LRT) saat uji publik di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (11/6/2019). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)




LRT Jakarta untuk fase pertama punya kapasitas angkut maksimal sebanyak 270 orang. Tersedia 8 set kereta yang memberikan layanan perjalanan bolak-balik lima stasiun. Katadata.co.id mendapatkan kesempatan menjajal LRT Jakarta. Tiba di stasiun Boulevard Utara, eskalator naik serta tangga tersedia untuk mengangkut penumpang ke daerah tunggu kereta.

LRT Jakarta juga menyediakan lift, tetapi prioritas penggunaannya hanya untuk penumpang yang sudah lanjut usia, disabilitas, atau ibu hamil. Selain itu, tersedia toilet yang bersih di setiap stasiun. Bahkan, LRT Jakarta sudah menyediakan area untuk retail sebagai tempat jual beli makanan atau minuman.

Halaman:
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...