Jumlah Penumpang Kereta Saat Mudik Diproyeksi Capai 6,4 Juta Orang

Image title
24 Mei 2019, 20:01
mudik lebaran 2019, kereta api, jumlah penumpang kereta
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Kemenhub memproyeksi jumlah penumpang kereta api pada mudik tahun ini mencapai 6,44 juta orang

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik yang menggunakan moda transpotasi kereta api meningkat menjadi 6,44  juta orang atau naik sebesar 3,41% dibandingkan penumpang kereta pada mudik tahun lalu.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan PT Kerata Api Indonesia (Persero) akan menambah dua kereta api ekonomi untuk melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO), lima kereta api ekonomi non PSO, kereta api eksekutif, bisnis, dan kereta api ekonomi premium. 

Pihaknya juga menyelenggarakan program Angkutan Motor Gratis dengan menggunakan kereta api untuk mengurangi beban kepadatan jalan raya. Hingga 24 Mei 2019, tercatat 19.838 pendaftar dari total kuota 18.096.

(Baca: Darat, Laut atau Udara: Apa Angkutan Mudik Paling Murah?)

Selain itu, pemerintah akan memantau angkutan Lebaran secara langsung dengan security camera (CCTV) di Daerah Operasi dan Divisi Regional, pemantauan di Pusat Pengendali Operasi (Pusdalop) kereta api, dan penyediaan informasi melalui web, booklet, serta pemasangan spanduk keselamatan di perlintasan kereta api.

Ditjen Perkeretaapian juga telah bekerja sama dengan KAI untuk melaksanakan inspeksi angkutan dengan menggunakan Kereta Api Inspeksi (KAIS) di Lintas Utara dan Lintas Selatan Jawa. 

Sejak tanggal 1 April -10 Mei 2019 telah dilaksanakan kegiatan rampcheck, guna mengecek kesiapan fasilitas sarana dan prasarana perkeretaapian, serta fasilitas pendukung lainnya. Pemeriksaan ini harus sesuai dengan standar pelayanan minimum untuk mewujudkan keselamatan dalam operasional perjalanan kereta api.

"Saya berpesan kepada sumber daya manusia perkeretaapian yang bertugas agar melaksanakan tugasnya dengan baik," ujar Zulkifri, dalam keteragan pers yang diterima Katadata.co.id, Jumat (24/5).

Arus mudik lebaran diproyeksi mulai 29 Mei -4 Juni 2019 dengan puncaknya pada Jumat, 31 Mei 2019. Sedangkan arus balik diprediksi mulai 7-13 Juni 2019 dengan puncak pada Minggu, 9 Juni 2019.

Reporter: Fariha Sulmaihati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...