Sempat Bangkrut di 2017, Pemilik Baru Toys R Us Siap Ekspansi Lagi

Happy Fajrian
16 Maret 2021, 13:43
toys r us, ritel, mainan, ekspansi
Katadata
Toko ritel Toys R Us.

Peritel mainan asal Amerika Serikat (AS) Toys R Us siap berekspansi lagi tahun ini setelah WHP Global mengakuisisi saham dan menjadi pengendali Tru Kids, perusahaan induk Toys R Us.

WHP didukung oleh komitmen permodalan sebesar US$ 350 juta (Rp 5 triliun, asumsi kurs Rp 14.400 per dolar) dari Oaktree Capital Management. Meski demikian tidak diketahui berapa nilai kesepakatan untuk mengambil alih kendali Tru Kids.

Advertisement

Toys R Us sempat mengajukan kebangkrutan pada 2017 dan menutup seluruh tokonya di kawasan Amerika Utara yang berjumlah lebih dari 700 toko. Toys R Us bangkit dari kebangkrutan setelah Tru Kids membeli hak kekayaan intelektual peritel mainan ini dari proses likuidasi pada 2018.

"Kami berada dalam bisnis merek, dan Toys R Us adalah satu-satunya merek mainan yang paling kredibel, tepercaya, dan dicintai di dunia," kata Yehuda Shmidman, chairman dan CEO WHP Global serta vice chairman Tru Kids, seperti dikutip CNN, Selasa (16/3).

Sama seperti peritel lainnya di seluruh dunia, Toys R Us juga terdampak pandemi Covid-19 yang membuat banyak pusat perbelanjaan yang merupakan lokasi utama mayoritas toko Toys R Us, tutup.

Dua toko yang dibuka Tru Kids setahun pasca akuisisi di 2018 untuk membangkitkan bisnis Toys R Us pun tutup permanen pada tahun lalu. Toys R Us pun memfokuskan seluruh penjualannya ke kanal digital melalui Amazon.

“Restrukturisasi berdampak besar pada perusahaan. Dan Covid-19, mudah-mudahan hanya terjadi sekali dalam satu abad. Tapi sekarang kami sudah melalui dua tantangan itu, dan langit adalah batasnya,” kata Shmidman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement