Heboh Konflik Kepentingan Surat Stafsus Jokowi, CEO Amartha Minta Maaf

Desy Setyowati
14 April 2020, 11:01
Stafsus Jokowi Jelaskan Surat untuk Camat Dukung Amartha Lawan Corona
Amartha
Pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Amartha Andi Taufan Garuda Putra

Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra menarik surat dengan kop Sekretariat Kabinet yang ditujukan kepada camat di seluruh Indonesia. Surat itu berisi komitmen Amartha menjalankan program Relawan Desa Lawan Covid-19.

Surat dengan nomor 003/S-SKP-ATGP/IV/2020 tertanggal 1 April itu memuat tentang kerja sama sebagai Relawan Desa Lawan Covid-19. Startup teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) Amartha berpartisipasi dalam menjalankan program di Jawa, Sulawesi, dan Sumatera.

Advertisement

Komitmen itu mencakup edukasi kepada masyarakat di desa dan pendataan kebutuhan alat pelindung diri (APD) Puskesmas. Namun, surat dengan kop Sekretariat Kabinet terkait keterlibatan Amartha ini menuai polemik.

(Baca: Profil Andi Taufan Garuda Putra, CEO Amartha yang Jadi Stafsus Jokowi)

Karena itu, Andi Taufan menarik kembali surat tersebut. “Saya mohon maaf atas hal ini dan menarik kembali surat tersebut,” kata dia dalam pernyataan resminya, hari ini (14/4).

Ia mengapresiasi berbagai pihak yang memberikan masukan terkait surat tersebut. “Tentunya hal ini akan menjadi pelajaran penting bagi saya sebagai anak muda yang ingin memberikan kontribusi untuk negeri, agar tetap mengikuti kaidah aturan dalam sistem birokrasi,” ujar dia.

Andi menyampaikan, surat itu bersifat pemberitahuan dukungan kepada program Desa Lawan Covid-19 yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Hal ini bertujuan mempercepat pencegahan dan penanggulangan virus corona.

(Baca: CEO Startup Diuntungkan dari Rangkap Jabatan Staf Khusus Jokowi)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu, Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement