Katadata dan Tiga Media Galang Dana Bagi Warga Miskin Terdampak Corona

Desy Setyowati
13 April 2020, 06:44
Katadata dan Tiga Media Galang Dana Bagi Warga Miskin Terdampak Corona
facebook/@foi
FoI menyalurkan sumbangan

Katadata bersama tiga media lainnya yakni Bisnis Indonesia, SWA, dan KBR menggalang dana untuk membantu keluarga kurang mampu dan tenaga medis yang terdampak pandemi corona. Dana yang dikumpulkan akan digunakan untuk membeli sembako dan alat pelindung diri (APD).

Untuk menggelar inisiatif yang disebut #BagiAsa tersebut, keempat media berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FoI), Accelerice, dan kantor pengacara Hendra Soenardi. Gerakan ini muncul dari keprihatinan atas kesulitan yang dihadapi warga miskin akibat penyebaran virus corona.

Apalagi sebagian besar masyarakat harus kehilangan pekerjaan akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau usaha yang dimiliki terpaksa ditutup karena sepi pembeli. “Tidak hanya warga kurang mampu, gerakan #BagiAsa membantu tenaga medis melindungi diri dari tertular Covid-19 saat menjalankan tugasnya,” demikian dikutip dari siaran pers #BagiAsa, Senin (13/4).

Karena itu, bantuan yang disalurkan tidak hanya digunakan untuk membeli makanan atau paket sembako, tetapi juga APD bagi tenaga medis. (Baca: CEO Twitter Jack Dorsey Sumbang Rp 16 Triliun untuk Bantu Lawan Corona)

Pengelolaan dan pendistribusian bantuan dalam bentuk makanan dilakukan sepenuhnya oleh FoI. Jaringan relawan ini akan mengontrol kualitas makanan hingga penyaluran ke kelompok yang membutuhkan.

Tentunya, penyalurannya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) pencegahan penularan Covid-19, yaitu menghindari kerumunan hingga aspek higienis.

FoI juga akan mendistribusikan bantuan ke berbagai  tempat. Sedangkan kebutuhan makanan siap saji  disiapkan oleh Accelerice.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...