Dapat Rp 600 Ribu/Bulan, Registrasi Kartu Prakerja Dibuka Setiap Pekan

Desy Setyowati
12 April 2020, 19:18
Kartu Prakerja, bantuan
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, aktifitas pekerja Pabrik Sepatu dilokasi pabrik PT Adis Dimension Footwear di Balaraja Barat, Tangerang, Provinsi Banten, Senin (5/10).

Pemerintah resmi membuka pendaftaran Kartu Prakerja mulai kemarin (11/4). Registrasi ini akan dibuka setiap pekan, dan bakal dipilih 164 ribu orang pada setiap gelombang.

“Tidak usah galau atau takut tak mendapatkannya (kartu prakerja). Tidak perlu buru-buru semuanya mendaftar. Manajemen pelaksana akan mengatur rekrutmen secara bergelombang. Per gelombang atau batch itu setiap seminggu,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari kepada Katadata.co.id, pekan lalu (8/4).

Program kartu prakerja tersebut akan diberikan kepada 5,6 juta orang. Maka, pendaftaran akan dibuka sekitar 30 kali setiap pekan atau selesai pada akhir November.

Bagi peserta yang tidak terpilih akan mendapat notifikasi untuk bergabung pada gelombang pendaftaran berikutnya. “Tinggal klik join to next batch, maka teman-teman akan bergabung pada batch berikutnya” kata dia.

(Baca: Pemerintah Luncurkan Kartu Prakerja Hari ini, Begini Cara Mendaftarnya)

Ia mendorong masyarakat untuk mendaftar. "Ini sifatnya self-selection, self-targeting. Pemerintah tidak punya daftar siapa 5,6 juta penerima. Kami ini Tut Wuri Handayani, apa maunya dari masyarakat," kata dia.

Masyarakat bisa mendaftar melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Ia menjamin tidak ada oknum yang bisa menjanjikan warga terdaftar dalam program, selain jalur resmi.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa terdaftar dalam program kartu pra kerja. Di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas, sedang tidak sekolah atau kuliah. “Intinya, sedang tidak mengenyam pendidikan formal,” ujar dia.

Untuk memastikan calon peserta sedang tidak sekolah ataupun kuliah, pemerintah akan mengecek lewat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Baca: Sektor Usaha Dilanda PHK, Pemerintah Luncurkan Kartu Prakerja 11 April)

Halaman:
Reporter: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...