Skala Pembatasan Sosial Diperbesar, Pengusaha Minta Kepastian Logistik

Rizky Alika
30 Maret 2020, 17:50
Skala Pembatasan Sosial Diperbesar, Pengusaha Minta Kepastian Logistik
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc.
Ilustrasi, truk mengantre dibukanya penyeberangan menuju Bali di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (25/3/2020).

Skala pembatasan sosial (social distancing) bakal diperbesar dan semakin tegas, seiring bertambahnya pasien terinfeksi virus corona di Tanah Air. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta meminta pemerintah memberikan kepastian terkait jalur logistik, khususnya untuk pasokan bahan pokok dan kebutuhan industri.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, jalur logistik bakal berpengaruh terhadap pasokan bahan pokok pangan di ibu kota negara. "Karena 98% bahan pokok pangan di Jakarta berasal dari luar provinsi. Ada juga yang impor," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (30/3).

Sarman mengingatkan pemerintah bahwa konsumsi masyarakat biasanya meningkat dua hingga tiga kali lipat saar Ramadan. Karena itu, kepastian jalur logistik menjadi hal penting untuk memastikan pasokan bahan pokok aman.

(Baca: Pelaku Usaha Minta Distribusi Pakan Ternak Terjamin Jika Lockdown)

Bukan hanya bahan pokok, mayoritas kebutuhan ritel modern di Jakarta juga berasal dari luar provinsi. Sebab, sejumlah pabrik produk-produk ritel berada di luar ibu kota.

Selain soal jalur, pemerintah harus memastikan distribusi bahan pokok dan kebutuhan ritel lancar. "Pengiriman barang dari luar (negeri) jangan sampai terganggu," ujar dia.

Kemudian, dia berharap pemerintah memberikan kejelasan terkait transportasi di ibu kota. Sebab, sebagian pekerja masih datang ke tempat kerja meski ada pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...