Chandra Asri Sumbang Ribuan Alat Rapid Test Corona dan Masker ke BNPB

Chandra Asri menyumbang ribuan alat rapid test dan masker guna mempercepat penanganan pandemi corona. Hal serupa dilakukan Astra, Sinar Mas hingga Djarum.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
26 Maret 2020, 10:45
Chandra Asri Sumbang Ribuan Alat Rapid Test Corona dan Masker ke BNPB
katadata/Arief Kamaludin
Ilustrasi, aktivitas instalasi Pabrik PT Chandra Asri Petrochemical di Cilegon, Banten, Rabu, (26/11/2018).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Perusahaan petrokimia, Chandra Asri Petrochemical menyumbangkan 20 ribu alat uji atau rapid test virus corona, 14 ribu masker kesehatan dan 20 ribu masker N95. Alat-alat kesehatan itu diberikan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan sejumlah rumah sakit di Banten.

Secara rinci, 500 alat tes akan diserahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang. Kemudian, 500 lainnya diberikan kepada RSUD Serang dan RS Krakatau Medika di Cilegon. 

Untuk pengadaan alat-alat kesehatan itu, perusahaan bekerja sama dengan Yayasan Satu Hati Berbakti (Sahati) di Jakarta. “Kami turut prihatin terutama untuk mereka dan keluarganya yang terkena dampak dari wabah ini,” kata Presiden Direktur Chandra Asri Petrochemical Erwin Ciputra dalam siaran pers, Kamis (26/3).

(Baca: Bantu Penanganan Corona, BCA Donasi Alat Kesehatan untuk Rumah Sakit)

Ia berharap, donasi berupa alat-alat kesehatan itu membantu pemerintah dan tim mdis mengidentifikasi warga yang terjangkit virus corona. “Kami berharap dapat memitigasi penyebaran wabah dan mengurangi jumlah kasus positif,” kata Erwin.

Perusahaan juga mengikuti imbauan pemerintah pusat dan provinsi DKI Jakarta untuk mengimplementasikan jarak antarkaryawan (physical distancing), dengan menerapkan kebijakan kerja dari rumah (work from home). Hal ini untuk menjamin keamanan dan kesehatan para karyawan.

Sebelum Chandra Asri, beberapa perusahaan Tanah Air turut mendonasikan alat kesehatan kepada rumah sakit dan BNPB. Perusahaan-perusahaan besar di bawah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia seperti Sinar Mas, Adaro Energy, Djarum hingga Indofood, serta Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berdonasi mengatasi pandemi corona.

(Baca: Atasi Pandemi Corona, Kalbe Farma Siapkan Bantuan Senilai Rp 25 Miliar)

Mereka menggalang dana untuk menyediakan peralatan kesehatan bagi para tenaga medis. Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV Indonesia Hong Tjhin mengatakan, penggalangan dana ditarget mencapai Rp 500 miliar.

Managing Director Sinar Mas G Sulistiyanto mengatakan, ada beberapa perusahaan yang sudah konfirmasi untuk terlibat dalam penggalangan dana ini. Di antaranya Sinar Mas, Adaro Energy, Artha Graha Peduli Foundation, Djarum, Agung Sedayu Group, Indofood Sukses Makmur, Puradelta Lestari, dan Triputra Group.

(Baca: Korporasi Besar Himpun Donasi Rp 500 Miliar untuk Atasi Pandemi Corona)

Grup Astra juga memberikan bantuan total senilai Rp 63 miliar kepada pemerintah untuk mengatasi penyebaran virus corona. Bantuan itu berupa alat uji tes Covid-19, alat pelindung diri, hand sanitizer  hingga disinfektan.

Perusahaan juga menyumbang 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up, dan 10 unit truk yang terdiri dari lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR71. Kendaraan ini bisa digunakan untuk penyemprotan disinfektan oleh Palang Merah Indonesia (PMI).

(Baca: Tokopedia, OVO, dan Grab Patungan Donasi Rp 3 Miliar Lawan Corona )

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait