Menkominfo: Surya Paloh Sediakan Hotel Bintang 5 untuk Pasien Corona

Surya Paloh disebut menyediakan hotel bintang lima di Jakarta untuk menangani pasien positif virus corona. Hotel itu memiliki 300 kamar.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
19 Maret 2020, 16:44
Surya Paloh Sediakan Hotel Bintang 5 untuk Tangani Pasien Corona
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Pemerintah menyiapkan beberapa tempat untuk menangani pasien positif virus corona. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Plate mengatakan bahwa Surya Paloh menyediakan hotel bintang lima di Jakarta untuk menangani pasien covid-19.

“Hari ini secara khusus saya tadi dihubungi Pak Surya Paloh. Dia menyediakan secara khusus hotel bintang limanya,” kata Johnny melalui video conference, Kamis (19/3).

Hotel milik Ketua Umum Partai Nasdem itu memiliki 300 lebih kamar. Hotel tersebut berada di Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

“Hotel itu akan digunakan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka mengambil bagian dan memangkas penularan covid 19,” kata Johnny.

(Baca: Wisma Atlet Tampung Pasien Terinfeksi Virus Corona Mulai Pekan Depan)

Saat ini, pemerintah memutuskan untuk menggunakan Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta sebagai tempat penanganan pasien terinfeksi virus corona mulai Senin (23/3). Langkah itu sesuai dengan keputusan rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (19/3).

"Mulai Senin yang akan datang, Wisma Atlet bisa menampung 1.000 sampai 2.000 pasien," kata Doni melalui video conference.

Selain Wisma Atlet, Doni menyatakan bahwa pihak swasta menyanggupi hotel yang mereka miliki digunakan untuk penanganan pasien terinfeksi corona. Hotel-hotel ini digunakan jika fasilitas kesehatan yang dimiliki pemerintah sudah tidak mampu menampung pasien positif corona.

Hotel-hotel yang dimaksud tersebar di Jakarta dan daerah lainnya. Meski demikian, dia tak memerinci jumlah dan lokasi tepatnya.  "Sejumlah tokoh nasional dan pengusaha menyanggupi fasilitas hotel mereka digunakan manakala fasilitas yang disiapkan pemerintah terbatas," kata Doni.

(Baca: Wisma Atlet Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien Positif Virus Corona)

Pemerintah sebenarnya telah menyiapkan 359 rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan covid-19. Secara rinci, 132 rumah sakit milik pemerintah, 109 milik Tentara Nasional Indonesia (TNI), 53 milik Polri, dan 65 kepunyaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain itu, tiga rumah sakit swasta mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidurnya untuk merawat pasien virus corona. Ketiga rumah sakit itu yakni RS Siloam Kelapa Dua, RS Mitra Keluarga Jati Asih, dan RS Hermina Karawang.

"Seluruh kapasitas tempat tidurnya (3 rumah sakit swasta) dengan total sekitar 300 tempat tidur," kata Juru bicara pemerintah dalam penanganan virus corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (18/3).

(Baca: Bertambah 82 Kasus, Pasien Positif Corona RI Melonjak Jadi 309 Orang)

Pemeriksaan sampel pun kini tak hanya dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kesehatan. Uji sampel covid-19 dapat pula dilaksanakan di Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institute, dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL).

Sekadar informasi, jumlah kasus positif covid-19 di Indonesia mencapai 309 orang per hari ini. Dari jumlah tersebut, 15 pasien dinyatakan sembuh. Lalu, 25 pasien meninggal dunia akibat virus corona.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait