Raja dan Ratu Belanda Bawa 110 Pengusaha Bertemu Presiden Jokowi

Dimas Jarot Bayu
10 Maret 2020, 13:59
Raja dan Ratu Belanda Bawa 110 Pengusaha Bertemu Presiden Jokowi
instagram/@sekretariat.kabinet
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut Raja beserta Ratu Belanda, Y.M. Raja Willem- Alexander beserta Y.M. Ratu Maxima dengan Upacara Penyambutan Kenegaraan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berkunjung ke Indonesia sejak Senin (9/3). Dalam kunjungannya, mereka membawa 110 pengusaha bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kehadiran 110 pengusaha merupakan wujud komitmen pemerintah Belanda memperkuat hubungan dengan Indonesia. “Mereka (pengusaha) melihat pentingnya hubungan di saat ini dan masa depan antara Indonesia dan Belanda,” kata Willem di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Advertisement

Tak hanya itu, Willem membawa jajaran kabinet Belanda ke Indonesia. Hanya, Menteri Kesehatan Belanda tak bisa ikut serta karena harus mengatasi persoalan virus corona di negaranya.

Menteri Pertanian Belanda pun tak bisa datang ke Indonesia karena menangani persoalan krisis nitrat. “Selain itu, semuanya hadir di sini dan berkomitmen penuh,” kata Willem.

(Baca: Jokowi Terima Kunjungan Raja dan Ratu Belanda di Istana Bogor)

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan komitmennya untuk memperkokoh hubungan bilateral dengan Belanda. Jokowi ingin hubungan kedua negara saling menghormati kedaulatan, berintegritas, dan menguntungkan.

“Kunjungan baginda akan dicatat oleh sejarah sebagai kunjungan yang bersahabat, produktif, menatap masa depan, tanpa harus melupakan sejarah masa lalu,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement