Raja dan Ratu Belanda Bawa 110 Pengusaha Bertemu Presiden Jokowi

Lawatan Raja Belanda ke Indonesia ini pertama kali dalam 25 tahun. Mereka membawa 110 pengusaha untuk memperkuat hubungan bilateral.
Dimas Jarot Bayu
10 Maret 2020, 13:59
Raja dan Ratu Belanda Bawa 110 Pengusaha Bertemu Presiden Jokowi
instagram/@sekretariat.kabinet
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut Raja beserta Ratu Belanda, Y.M. Raja Willem- Alexander beserta Y.M. Ratu Maxima dengan Upacara Penyambutan Kenegaraan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berkunjung ke Indonesia sejak Senin (9/3). Dalam kunjungannya, mereka membawa 110 pengusaha bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kehadiran 110 pengusaha merupakan wujud komitmen pemerintah Belanda memperkuat hubungan dengan Indonesia. “Mereka (pengusaha) melihat pentingnya hubungan di saat ini dan masa depan antara Indonesia dan Belanda,” kata Willem di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Tak hanya itu, Willem membawa jajaran kabinet Belanda ke Indonesia. Hanya, Menteri Kesehatan Belanda tak bisa ikut serta karena harus mengatasi persoalan virus corona di negaranya.

Menteri Pertanian Belanda pun tak bisa datang ke Indonesia karena menangani persoalan krisis nitrat. “Selain itu, semuanya hadir di sini dan berkomitmen penuh,” kata Willem.

(Baca: Jokowi Terima Kunjungan Raja dan Ratu Belanda di Istana Bogor)

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan komitmennya untuk memperkokoh hubungan bilateral dengan Belanda. Jokowi ingin hubungan kedua negara saling menghormati kedaulatan, berintegritas, dan menguntungkan.

“Kunjungan baginda akan dicatat oleh sejarah sebagai kunjungan yang bersahabat, produktif, menatap masa depan, tanpa harus melupakan sejarah masa lalu,” kata Jokowi.

Kementerian Luar Negeri sebelumnya menyampaikan bahwa kunjungan Raja dan Ratu Belanda ke Indonesia dalam rangka memperkuat kerja sama di bidang ekonomi, pengembangan sumber daya manusia (SDM), dan pariwisata. Sebelum ke Istana, keduanya meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk menghormati pahlawan yang gugur selama perang Kemerdekaan RI 1945-1949. 

(Baca: Menaker Yakin Tambahan Hari Libur Tak Ganggu Kinerja Perusahaan)

Setelah dari Istana, keduanya diagendakan ke Pemakaman Menteng Pulo yang menjadi tempat peristirahatan 4.300 tentara Belanda selama Perang Dunia Kedua dan Perang Kemerdekaan RI. Willem dan Maxima kemudian melanjutkan agendanya ke pabrik cokelat Pipiltin Cocoa. 

Pada malam harinya, Willem dan Maxima akan menghadiri acara penandatanganan perjanjian kemitraan bisnis antara Indonesia dan Belanda. Lalu, keduanya bakal mengunjungi pameran foto di Erasmus Huis.

Willem dan Maxima tak hanya berkunjung ke Jakarta selama di Indonesia. Mereka juga akan pergi ke Yogyakarta, Palangkaraya, dan Sumatera Utara.

Sekadar informasi, lawatan Raja Belanda ini merupakan yang pertama kali setelah 25 tahun lalu. Sedangkan, Maxima dua kali mengunjungi Indonesia, yakni pada 2012 dan 2015.

(Baca: Pemerintah Promosikan Pariwisata Selama Piala Dunia Wanita di Prancis)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait