Berpotensi Terinfeksi Virus Corona, Presiden AS Trump Belum Diperiksa

Trump sempat kontak dekat dengan dua anggota Kongres yang kini mengisolasi diri terkait virus corona. Namun, Presiden AS itu belum diperiksa.
Desy Setyowati
10 Maret 2020, 10:57
Berpotensi Terinfeksi Virus Corona, Presiden AS Trump Belum Diperiksa
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barri
Ilustrasi, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengadakan konferensi pers mengenai wabah virus korona di Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Rabu (26/2/2020).

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sempat melakukan kontak dekat dengan dua anggota Kongres dari Partai Republik yang kini mengisolasi diri terkait virus corona. Isolasi itu berdasarkan rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Sekretaris Gedung Putih bagian menangani pers Stephanie Grisham menyampaikan, Trump belum dites terkait virus corona. "Karena dia tidak memiliki kontak dekat dengan pasien yang telah dikonfirmasi sejak lama,” katanya dikutip dari CNN Internasional, Selasa (10/3).

Selain itu, Presiden Trump tidak memiliki gejala terinfeksi virus corona hingga saat ini. “Presiden Trump dalam kesehatan yang sangat baik, dan dokternya akan terus memantau kesehatannya dengan cermat ,” ujar Grisham.

(Baca: Kasus Merebak, AS Bakal Gelontorkan Rp 118 T Tangani Virus Corona)

Advertisement

Belum diperiksanya Trump terkait virus corona mengacu pada pedoman CDC. Grisham menjelaskan bahwa pemeriksaan dilakukan atas dasar gejala dan riwayat perjalanan seseorang tersebut.

Akan tetapi, dua anggota Kongres yang sempat kontak dekat dengan Trump kini mengisolasi diri. Keduanya yakni Doug Collins dan Matt Gaetz.

Keduanya sempat dekat dengan seseorang positif virus corona. Mereka bertemu dengan pasien covid-19 saat menghadiri konferensi aksi politik konservatif atau CPAC pada bulan lalu.

Namun, Collins mengaku sempat berjabat tangan dengan Trump selama kunjungan ke CDC pada Jumat lalu. Lalu, Gaetz naik limusin kepresidenan sebelum menggunakan Air Force One bersama Presiden pada Senin.

(Baca: Ada 202 Kasus Corona Baru di Tiongkok, AS & Eropa Perketat Turis Masuk)

Gaetz diberi tahu oleh penyelanggara CPAC bahwa dia sempat kontak dengan peserta yang terinfeksi virus corona. Informasi itu disampaikan ketika ia terbang bersama Trump. Begitu mendarat, Gaetz langsung diperiksa.

Kepala staf Trump Gedung Putih yang baru, Mark Meadows, juga mengarantina diri setelah menghadiri CPAC.

Meski Begitu, Wakil Presiden AS Mike Pence mengaku tidak tahu tentang kesehatan Trump, terutama terkait virus corona. "Saya benar-benar tidak tahu jawaban untuk pertanyaan itu, tetapi kami akan merujuk pertanyaan itu dan memberi tahu Anda jawaban dari dokter Gedung Putih sesegera mungkin," kata dia.

Sebagaimana diketahui, Pence memimpin satuan tugas terkait virus corona. Pence mengatakan bahwa dia juga belum diperiksa terkait covid-19. “Tidak ada rekomendasi,” katanya.

(Baca: AS Mulai Uji Coba Obat Virus Corona ke Pasien)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait