Gunung Merapi Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 6 Km

Desy Setyowati
3 Maret 2020, 08:59
Gunung Merapi Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 6 Km
Letusan Gunung Merapi terlihat dari Musuk, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020).

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan, Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami erupsi Selasa pagi (3/3). Tinggi kolom asap mencapai 6 kilometer (km) dari puncak.

Melalui akun twitter-nya, BPPTKG menyebutkan erupsi Gunung Merapi yang terekam di seismogram pada pukul 05:22 WIB memiliki durasi 450 detik dengan amplitudo 75 mm. Tinggi kolom erupsi kurang lebih 6.000 meter dari puncak.

“Awan panas berguguran ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimum 2 kilometer,” kata BPPTKG melalui akun twitter-nya, Selasa (3/3). Arah angin saat terjadi erupsi ke utara.

Hingga saat ini, BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada. Untuk sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

BPPTKG mengimbau warga tidak beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. (Baca: Gunung Merapi Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 2.000 Meter)

Masyarakat juga diminta tidak terpancing isu-isu mengenai meletusnya Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya. Warga diharapkan mengikuti arahan pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi, kantor maupun media sosial BPPTKG.

Meski begitu, warga di kawasan Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, tetap beraktivitas seperti biasa. Kepala Desa Klakah Marwoto mengatakan, asap tebal terlihat jelas dari desa tersebut.

"Kami kemudian menuju Dukuh Sumber yang paling tinggi di Desa Klakah, untuk mengkondisikan warga setempat. Warga tetap waspada meski mereka melakukan aktivitas seperti biasa," kata Marwoto.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...