8 Tips Berjualan Hijab hingga Busana Muslim di E-Commerce

Fahmi Ahmad Burhan
29 Februari 2020, 07:10
8 Tips Berjualan Hijab hingga Busana Muslim di E-Commerce
Ilustrasi, pengunjung berbelanja busana muslimah di pusat grosir Tanah Abang , Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Masyarakat Indonesia akan memasuki Ramadan pada pertengahan April nanti. Berjualan hijab hingga busana muslim bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah pundi-pundi. Startup e-commerce Shopee dan penyedia jasa pemasaran digital, Sribu membagikan delapan tips berjualan di e-commerce.

Pertama, memahami kebutuhan pasar dan memahami tren. Berdasarkan kajian internal Shopee, ada tiga tren hijab yang bakal diburu pembeli pada 2020 yakni casual pashmina, formal square, dan semi formal.

Advertisement

“Tren bisa berubah, tetapi kebutuhan dasar tetap harus disediakan. Misalnya, kerudung polos, ‘daleman’, ciput. Itu selalu ada pasarnya," ujar Vice President Brand Elzatta & Dauky Tika Latifa Mulya dalam acara Bincang Shopee di Jakarta, Kamis (27/2).

Kedua, memanfaatkan fitur-fitur khusus busana muslim di setiap e-commerce. Di Shopee misalnya, tersedia Shopee Barokah. Terakhir, memaksimalkan program promosi yang diselenggarakan perusahaan. “Trafiknya jadi bisa ikut naik,” kata Public Relations Shopee Aditya Maulana Noverdi.

(Baca: Momentum Perusahaan Digital Meraup Potensi Besar Pasar Syariah)

Berdasarkan data Global Religius Future, penduduk muslim Indonesia mencapai 209,12 juta pada 2010. Jumlahnya diperkirakan mencapai 229,62 juta pada tahun ini. Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, yang tecermin dari databoks berikut:

Karena itu, pasar syariah di Tanah Air potensial untuk digarap. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengatakan pada 2018, bahwa pasar industri mode dunia mencapai Rp 166 triliun per tahun. Sebanyak Rp 54 triliun di antaranya merupakan pasar fashion muslim, yang bisa digarap oleh pebisnis nasional.

Selain ketiga tips tersebut, startup penyedia jasa solusi konten dan pemasaran digital Sribu Digital Kreatif membagikan lima tips berjualan di e-commerce secara keseluruhan. Pertama, melakukan riset pasar terlebih dahulu. Penjual harus memastikan produk yang ditawarkan banyak dicari oleh konsumen yang ditarget.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement