Produksi Mobil di Indonesia Belum Terdampak Virus Corona

Rizky Alika
19 Februari 2020, 11:08
Produksi Mobil di Indonesia Belum Terdampak Virus Corona
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Ilustrasi, suasana penjualan mobil dalam pameran Mandiri Tunas Finance (MTF) Autofiesta 2019 di Botani Square, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).

Mewabahnya virus corona berdampak terhadap produsen kendaraan dan komponen besar di Tiongkok. Meski begitu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan bahwa produksi mobil di dalam negeri belum terdampak wabah tersebut.

Alasannya, sebagian besar komponen kendaraan berasal dari dalam negeri. "Jadi sampai sekarang belum terasa dampaknya," kata Ketua Umum Gaikindo Jongkie Sugiarto kepada Katadata.co.id, Selasa (18/2).

Advertisement

Sepengetahuannya, produsen dalam negeri mengimpor komponen kendaraan dari Jepang. Ada dua anggota Gaikindo asal Tiongkok yang menggunakan komponen asal Negeri Tirai Bambu, yaitu Wuling dan DSFK.

Meski begitu, kedua produsen tersebut tidak melaporkan adanya penurunan produksi akibat mewabahnya virus corona di Tiongkok.  (Baca: Virus Corona Tekan Ekonomi Tiongkok, Dunia Waspadai Perlambatan Global)

Co-CEO PT Sokonindo Indonesia (DFSK) Alexander Barus mengatakan, perusahaannya tidak menghadapi persoalan akibat mewabahnya virus corona di Negeri Panda. "Karena kami ada stok untuk tiga bulan," ujarnya. 

PR dan Digital Manager DFSK Arviane Dahniarny Bahar menambahkan, kegiatan manufaktur berjalan normal. "Kegiatan berjalan sesuai dengan jadwal yang ada," kata dia.

Arviane mengatakan, DFSK tidak memiliki pabrik di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Pabrik suku cadang DFSK berada di Chongqing, yang berjarak lebih dari 900 km dari Wuhan.

Wuhan merupaan kota pertama ditemukannya virus corona. Bahkan, korban meninggal dunia dan yang terinfeksi covid-19 mayoritas berdomisili di ibu kota provinsi Hubei tersebut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement