Jokowi Sebut Renovasi Masjid Istiqlal Terbesar dalam 41 Tahun Terakhir

Dimas Jarot Bayu
7 Februari 2020, 10:59
Jokowi Sebut Renovasi Masjid Istiqlal Terbesar dalam 41 Tahun Terakhir
Ilustrasi, foto udara renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, pada hari ini (7/2). Ia mengatakan bahwa renovasi tersebut merupakan yang terbesar dalam 41 tahun terakhir atau sejak masjid itu dibangun.

Alasannya, renovasi Masjid Istiqlal itu menghabiskan anggaran Rp 475 miliar. Dana tersebut digunakan untuk memoles lantai, mengganti karpet, pencahayaan, serta tata suara. Pemerintah juga menambah lahan parkir dan membangun ruang bawah tanah.

Selain itu, dana tersebut akan digunakan untuk renovasi eksterior Masjid Istiqlal. “Sungai yang ada di lingkaran Masjid Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi,” kata Jokowi

Jokowi juga menyetujui usulan pembangunan terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Dia berharap terowongan tersebut dapat menjadi sarana untuk silaturahmi. “Tidak perlu menyeberang, sekarang pakai terowongan silaturahmi,” katanya.

(Baca: Masjid Istiqlal Pertama Kali Direnovasi, Sedot Dana Rp 465 miliar )

Ia meninjau proyek renovasi Masjid Istiqlal mulai pukul 08.50 WIB, mengenakan kemeja putih dan kopiah hitam. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno turut hadir dalam peninjauan tersebut.

Jokowi bersama ketiga menteri mengecek beberapa titik renovasi di masjid tersebut. Renovasi Masjid Istiqlal ditarget selesai pada April 2020.

Dengan demikian, Masjid Istiqlal bisa digunakan ketika Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. “Kami harapkan nanti sebelum ramadan sudah bisa selesai sehingga bisa dipakai,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...