Istana Sebut WNI yang Dijemput dari Wuhan Tak Terinfeksi Virus Corona

Desy Setyowati
2 Februari 2020, 09:48
Istana Sebut WNI yang Dijemput dari Wuhan Tak Terinfeksi Virus Corona
Katadata/Ihya Ulum Aldin
Pemerintah memberangkatkan pesawat Batik Air pada Sabtu (1/2) untuk mengevakuasi 245 WNI dari Wuhan, Tiongkok yang merupakan pusat endemi virus corona.

Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman memastikan semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang dijemput dari Wuhan, Tiongkok, tidak ada tanda-tanda terinfeksi virus corona. Penetapan status sehat itu sesuai standar World Health Organization (WHO).

“Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan sudah dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO,” kata Fadjroel Rachman melalui pesan singkat kepada wartawan, Minggu (2/2).

Meski begitu, WNI yang dijemput dari Tiongkok itu akan diobervasi terlebih dulu untuk memastikan terinfeksi atau tidak virus corona.

Ia memastikan bahwa pemerintah menjalankan semua proses evakuasi kemanusiaan dan transit observasi itu berdasarkan Inpres Nomor 4/2019. Kebijakan ini dibawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahduf MD dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

(Baca: Diprotes Warga, Ini Alasan Natuna Jadi Lokasi Karantina WNI dari Wuhan)

Fadjroel pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah mendukung pemulangan WNI dari Wuhan. “Yang dengan tulus ikhlas menunjukkan nilai perikemanusiaannya dalam menyambut pulang 245 WNI saudara sebangsa setanah air kita,” katanya.

Pesawat yang mengakut 245 WNI itu pun mendarat sekitar pukul 8.45 WIB hari ini (2/2). Penumpang WNI itu mulai turun pesawat sekitar pukul 9.23 WIB. Mereka keluar pesawat satu per satu, dengan jarak yang relatif lama. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...