Dua Jenis Masker Wajah untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Desy Setyowati
2 Februari 2020, 09:28
Dua Jenis Masker Wajah untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi, warga membeli masker di Pasar Pramuka, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Seiring mewabahnya virus corona di beberapa negara, terutama Tiongkok, banyak masyarakat membeli masker wajah. Bahkan, harganya di sejumlah e-commerce naik tajam. Ada dua jenis masker wajah yang dinilai efektif meminimalkan penyebaran virus corona.

Keduanya yakni masker bedah dan N95. “Tetapi, respirator N95 yang paling protektif,” kata Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Vaccine Provider Amerika Serikat (AS) Dr Michael Hall dikutip dari CNET, hari ini (2/2).

Masker bedah biasanya berbentuk persegi panjang dan ada tali pengikat. Masker ini biasa dipakai oleh dokter bedah atau ketika Anda bepergian ke luar rumah.

Tujuan utama masker bedah untuk mencegah cairan bersin atau batuk orang lain masuk ke mulut atau hidung Anda. Namun, ahli virologi mengatakan bahwa masker bedah tidak dapat memblokir virus di udara memasuki tubuh Anda.

Untuk itu, Anda memerlukan respirator atau alat pelindung yang pas dipakai di wajah. Salah satu respirator yakni N95, yang dapat memblokir setidaknya 95% partikel kecil.

Ada beberapa merek yang memproduksi respirator N95 dengan berbagai ukuran. Saat membeli, Anda harus memastikan kemasannya bertuliskan ‘N95’. Sebab, ada beberapa masker yang hanya bertuliskan ‘respirator’.

(Baca: Virus Corona Mewabah, Harga Masker di E-commerce Naik 5 Kali Lipat)

Dr Michael Hall juga meminta pengguna untuk menonton video panduan untuk memahami cara menggunakan N95 dan fungsinya. Hall mengatakan, kuncinya harus memakai respirator N95 dengan kuat di sekitar hidung dan mulut tanpa celah.

Hall menyampaikan, respirator bisa mencegah infeksi virus termasuk corona. “Hanya pada orang yang memakai masker ini dengan benar, dan itu jarang terjadi,” kata Hall.

Orang yang bukan profesional di bidang kesehatan biasanya kesulitan memakai masker N95. Jika Anda menempatkan masker di sisi kanan, itu akan membuat panas dan pengap sehingga banyak orang melepasnya sebelum berfungsi.

Studi lain menunjukkan bahwa masker pernapasan efektif mencegah infeksi virus, tetapi hanya jika dikombinasikan dengan sering mencuci tangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...