Jakarta Diguyur Hujan Semalaman, Satu Pintu Air Berstatus Waspada

Desy Setyowati
2 Februari 2020, 07:44
Diguyur Hujan, Satu Pintu Air di Jakarta Berstatus Waspada
bmkg.go.id
Peringatan Dini Cuaca Jabodetabek dari BMKG pada pukul 06.10 WIB, Minggu (2/1).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat satu pintu air berstatus waspada atau siaga tiga, yakni Pintu Air Pasar Ikan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di beberapa wilayah ibu kota.

Tinggi muka air di pintu air Pasar Ikan mencapai 200 centimeter (cm) pada pukul 06.00 WIB. “Update tinggi muka air, siaga satu dan dua tidak ada. Waspada atau siaga tiga, pasar ikan,” demikian dikutip dari akun resmi BPBD DKI Jakarta di Twitter @BPBDJakarta, hari ini (2/2).

BPBD memerinci ketinggian muka air di beberapa pintu air di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang berstatus normal atau siaga empat. Di antaranya Katulampa tercatat 10 cm, Depok 100 cm, Manggarai 640 cm, Karet 290 cm, Krukut Hulu 10 cm, Pesanggrahan 80 cm.

Selain itu, tinggi muka air di Angke Hulu 131 cm, Waduk Pluit kurang dari 185 cm, Cipinang Hulu 90 cm, Sunter Hulu 60 cm dan Pulo Gadung 330 cm. (Baca: Diguyur Hujan, Beberapa Wilayah DKI Jakarta Kembali Banjir Pagi Ini)

Meski ketinggian air relatif terpantau normal, BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di Kepulauan Seribu pada pagi dan dini hari. Sedangkan di Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat pada pagi hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat," kata BMKG dalam keterangan resminya.

Secara spesifik, intensitas hujan di Jakarta Timur diprediksi ringan. Sedangkan di Jakarta Barat, Pusat dan Utara diperkirakan intensitas hujannya sedang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...