Dorong Produksi Aluminium, Holding BUMN Tambang Gaet Uni Emirat Arab

Image title
28 Januari 2020, 11:30
Tingkatkan Produksi Aluminium, Holding BUMN Tambang Gaet Uni Emirat Ar
KATADATA/
Ilustrasi pabrik Inalum.

Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertambangan Mind ID yang dipimpin PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) akan bekerja sama dengan produsen aluminium di Uni Emirat Arab (UEA), Emirates Global Aluminium (EGA). Kerja sama itu berujuan meningkatkan kapasitas produksi aluminium di Kuala Tanjung, Medan, Sumatera Utara.

Sekretaris Perusahaan Inalum Rendi Witular menjelaskan, kerja sama itu berupa transfer teknologi untuk efisiensi pabrik. Harapannya, kapasitas produksi meningkat dari 20 ribu ton menjadi 250 ribu ton per tahun.

Advertisement

"Teknologinya itu akan membuat arus listrik pabrik lebih efisien. Intinya bisa meningkatkan kapasitas produksi," kata Rendi kepada Katadata.co.id, Selasa (28/1).

(Baca: Inalum Cari Pinjaman untuk Divestasi Saham Vale Indonesia)

Untuk mengadopsi teknologi itu, investasinya diperkirakan US$ 5 juta atau sekitar Rp 68 miliar. Namun, Rendi mengatakan bahwa kerja sama tersebut bisa saja batal, jika teknologi milik EGA itu tak sesuai harapan. “Kami perlu cek bagus atau tidak," ujarnya.

Apabila sesuai harapan, holding BUMN tambang itu akan menerapkan teknologi EGA pada pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) aluminium di Kalimantan Utara. Kapasitas pabrik itu 500 ribu ton aluminium per tahun.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement