Persaingan Makin Ketat, Bank Mandiri Target Kredit Hanya Tumbuh 10%

Image title
24 Januari 2020, 16:00
Persaingan Makin Ketat, Bank Mandiri Target Kredit Hanya Tumbuh 10%
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
(kiri-kanan) Direktur Treasury, International Banking & SAM Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Direktur Manajemen Risiko Ahmad Siddik Badruddin, Direktur Consumer & Retail Transaction Hery Gunardi, Direktur Utama Royke Tumilaar, Pejabat Eksekutif Keuangan dan Strategi Silvano Rumantir dan Corporate Secretary Rohan Hafas berfoto bersama saat penyampaian paparan kinerja Bank Mandiri triwulan IV-2019 di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menargetkan penyaluran kredit tumbuh 8%-10% secara tahunan (year on year/yoy) pada 2020. Target tersebut cenderung stagnan dibanding realisasi kredit tahun lalu Rp 907,5 triliun atau tumbuh 10,6%.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar menjelaskan, belakangan pendanaan dari luar negeri (offshore) ke Indonesia meningkat. Alhasil, perbankan menghadapi persaingan di antara perusahaan sejenis maupun dengan pendanaan asing tersebut.

"Sekarang ini banyak sekali Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) atau private sector mulai funding dari asing. Mulai ada kompetisi dengan capital market. Jadi, cukup tinggi kompetisinya di pembiayaan," kata Royke di kantornya, Jakarta, Jumat (24/1).

(Baca: Laba Bank Mandiri Melambat jadi Rp 27,5 Triliun pada 2019)

Meski begitu, Bank Mandiri akan mengkaji secara mendalam perihal target penyaluran kredit 2020 pada semester II nanti. Hingga hasil kajian itu dirilis, perusahaan menetapkan target konservatif.

Lagi pula, pertumbuhan penyaluran kredit pada 2019 yang sebesar 10,6% juga melambat dibanding 2018 yang mencapai 12,4%. Perlambatan ini terjadi karena harga komoditas seperti minyak sawit mentah (CPO) dan batu bara turun.

"Semuanya lagi di harga yang cukup rendah, sehingga tentu ada dampak kepada kondisi ekonomi," kata Royke. (Baca: BCA dan Mandiri Perkirakan Pertumbuhan Kredit 2019 Melambat)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...