Erick Thohir Akan Satukan Dana Pensiun BUMN agar Dikelola Profesional

Image title
23 Januari 2020, 20:09
mENTERI Erick Thohir Akan Satukan Dana Pensiun BUMN agar Dikelola Profesional
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi gedung Kementerian BUMN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana menyatukan pengelolaan dana pensiun di seluruh perusahaan pelat merah. Dengan begitu, dana itu bisa dikelola oleh satu pihak.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menjelaskan, penyatuan dana pensiun bertujuan agar bisa dikelola oleh kalangan profesional. Selain itu, pengawasannya dinilai lebih efisien.

“Selama ini satu BUMN punya sendiri (pengelolaan dana pensiun). Ini disatukan jadi lebih efesien," kata Arya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (23/1).

Ia ragu, selama ini dana pensiun pegawai BUMN dikelola oleh profesional. Karena itu, kementerian di bawah kepemimpinan Erick Thohir ini tengah mengkaji skema terbaik dan menguntungkan untuk menyatukan pengelolaan dana pensiun.

Namun, Erick harus meminta persetujuan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terlebih dulu. “Karena ini dmenyangkut keuangan dan sebagainya, maka perlu minta persetujuan Menteri Keuangan," kata Arya dikutip dari Antara, beberapa waktu lalu (7/1).

(Baca: Cegah Kasus Jiwasraya, Erick Thohir Akan Bentuk Holding Dana Pensiun)

Persetujuan itu mencakup skema pengelolaan dana pensiun, baik melalui perusahaan baru atau ditempatkan di bank tertentu. “Penggabungan dana pensiun BUMN ini juga membutuhkan persetujuan Presiden Jokowi.” Kata Arya.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...