Jokowi Putuskan Rencana Pembelian Alutsista dari Prancis Pekan Depan

Dimas Jarot Bayu
23 Januari 2020, 14:00
Jokowi Putuskan Rencana Pembelian Alutsista dari Prancis Pekan Depan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan memasuki ruangan didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) sebelum rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Presiden Jokowi belum menyepakati rencana Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari Prancis. Wacana itu akan dibahas terlebih dulu dalam rapat terbatas yang akan berlangsung pekan depan.

“Pekan depan kami akan rapat terbatas dengan Pak Menhan di Surabaya,” kata Jokowi di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (23/1).

Advertisement

Setelah rapat terbatas tersebut, Jokowi akan memutuskan jadi tidaknya Indonesia membeli alutsista dari Prancis. Tak hanya itu, Jokowi bakal menetapkan rencana pembelian alutsista dari Korea Selatan dan negara-negara lain di Eropa Timur.

Rencana impor alutsista diusulkan Prabowo usai berkunjung ke luar negeri beberapa waktu lalu. Menhan mengunjungi tujuh negara sejak November 2019.

(Baca: Jokowi Minta Prabowo Ubah Belanja Alutsista jadi Investasi Pertahanan)

Ketujuh negara tersebut yaitu Malaysia, Thailand, Turki, Tiongkok, Jepang, Filipina, dan Prancis. “Segera akan diputuskan (rencana pembelian alutsista),” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memastikan bahwa industri pertahanan dalam negeri siap mengekspor alutsista. Menurutnya, ada beberapa negara yang tertarik membeli alutsista dari Indonesia.

Salah satu negara yang tertarik yakni Filipina. Saat ini, rencana ekspor alutsista ke Filipina masih dalam proses tender. “Masih sedikit proses dan kemungkinan juga akan dimenangkan oleh kami,” kata dia.

Dikutip dari surat kabar La Tribune, Indonesia tertarik membeli beberapa alutsista dari Prancis. Rencananya, Indonesia akan memboyong 48 jet tempur Dassault Rafale, empat kapal selam Scorpène, dan dua kapal korvet GoWind buatan Prancis. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement