Chevron Masih Kaji Mitra untuk Garap Proyek Migas Laut Dalam

Image title
20 Januari 2020, 21:09
Chevron Masih evaluasi Mitra untuk Garap Proyek Migas Laut Dalam IDD
Agung Samosir|KATADATA
Ilustrasi Chevron.

Chevron Pasific Indonesia masih mengkaji mitra yang akan menggarap proyek minyak dan gas (migas) laut dalam alias Indonesian Deepwater Development (IDD). Padahal, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendesak perusahaan menyerahkan revisi rencana pengembangan (PoD) IDD tahap II.

Manager Corporate Communication Chevron Pasific Indonesia Sonitha Poernomo mengatakan, butuh kehati-hatian dalam proses evaluasi mitra. Sebab, perusahaan ingin memastikan produksi berjalan dengan aman.

Advertisement

"Evaluasi itu kan banyak. Maka kami juga harus hati-hati. Sebab, yang paling penting itu memastikan keamanan," kata Sonitha usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII di Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/1).

(Baca: Kementerian ESDM: Chevron Minta Waktu Cari Mitra Baru untuk Proyek IDD)

Ia pun belum bisa mengungkapkan siapa saja calon mitra Chevron untuk proyek migas laut dalam maupun target penyelesaian evaluasi. Yang jelas, mitranya kemungkinan menjadi operator proyek IDD.

Sonitha menjelaskan, perusahaan mencari mitra agar bisa berbagi risiko. Sebab, proyek IDD dinilai tak ekonomis. "Kami sudah mendapat izin dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) untuk membuka data room. Tapi, sampai saat ini belum ada keputusan akhir siapa yang akan mengelola," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement