Menteri Erick Pastikan Dana Nasabah Jiwasraya Dicicil Mulai Februari

Dimas Jarot Bayu
15 Januari 2020, 18:53
Menteri BUMN Erick Pastikan Dana Nasabah Jiwasraya Dicicil Mulai Februari 2020
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Ilustrasi, Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, pengembalian dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dicicil mulai Februari 2020. Hal ini sejalan dengan rencana pembentukan holding BUMN Asuransi.

Erick mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menandatangani rancangan pembentukan holding BUMN Asuransi pada pertengahan Februari 2020. Nantinya, aliran dana (cashflow) yang dikumpulkan melalui holding itu digunakan untuk membayar dana nasabah Jiwasraya. 

Advertisement

Dia memperkirakan, aliran dana dari holding BUMN Asuransi sebesar Rp 1,5 triliun hingga Rp 2 triliun. “Dengan dana terkumpul (dari holding BUMN Asuransi) itu akan dikembalikan bertahap,” kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/1).

Menurut Erick, holding BUMN Asuransi akan memiliki total aset Rp 8 triliun dalam empat tahun ke depan. Angka itu belum ditambah valuasi aset berupa saham mencapai Rp 2 triliun sampai Rp 3 triliun.

“Dengan konsep itu saving plan bisa berjalan,” kata Erick. (Baca: Jokowi Minta Sri Mulyani & Erick Selamatkan Dana Nasabah Jiwasraya)

Erick juga akan menyelesaikan masalah Jiwasraya dengan membentuk anak usaha, yakni Jiwasraya Putra. Jiwasraya Putra saat ini masih mencari investor yang akan menjadi pemodal.

Pencarian investor untuk Jiwasraya Putra itu ditargetkan hingga kuartal I 2020. “Jiwasraya Putra ini kami carikan partner strategic, angkanya Rp 1 triliun hingga Rp 3 triliun,” ujar Erick.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement