Dorong Efisiensi, Pertamina Bakal Integrasikan Kilang TPPI & GRR Tuban

Image title
13 Januari 2020, 17:03
Dorong Efisiensi, Pertamina Bakal Integrasikan Kilang TPPI dan GRR Tuban
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Gedung Pertamina di kawasan Jakarta Pusat.

Pertamina menyatakan siap mengintegrasikan Kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) dengan megaproyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban. Integrasi ini bertujuan meningkatkan efisiensi dari sisi pengeluaran operasional maupun modal.

Pertamina saat ini memiliki 51% saham Tuban Petro, induk usaha TPPI. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, restrukturisasi Tuban Petro merupakan bagian dari upaya perusahaan mengutamakan aspek fleksibilitas (flexibility).

Mode kilang pun bisa beralih baik menjadi petrokimia ataupun bensin. Hal ini membuat produksi kilang dapat menyesuaikan dengan permintaan.

Pasokan bahan baku yang terintegrasi antara satu kilang dengan kilang lainnya juga dapat meningkatkan efisiensi dari sisi pengeluaran operasional maupun modal. Dengan begitu, perusahaan bisa meraih keuntungan maksimal.

“Proyek kilang kami yang sedang berjalan akan menjadi bisnis yang berkelanjutan, karena dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar,” kata Nicke dalam siaran pers, Senin (13/1).

(Baca: Tinjau Kilang Petrokimia TPPI, Jokowi Harap Hemat Devisa Rp 56 Triliun)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...