Erick Thohir Sebut Kepercayaan Investor Turun karena Kasus Jiwasraya

Image title
9 Januari 2020, 19:49
Menteri BUMN Erick Thohir Sebut Kepercayaan Investor Turun karena Kasus Jiwasraya
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berimbas pada menurunnya kepercayaan investor. Salah satu indikasinya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun 0,85% ke level 6.225 pada penutupan perdagangan kemarin (8/1).

Apalagi, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengumumkan hasil investigasi atas kemelut di Jiwasraya kemarin. "Kemarin bursa melemah karena orang tidak percaya, akhirnya investor lari ke negara lain," kata Erick di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (9/1).

Advertisement

Karena itu, ia menilai kementeriannya perlu memastikan bahwa penyelesaian gagal bayar Jiwasraya berjalan dengan baik. Program penyelamatan juga telah dirancang mulai dari pembentukan anak usaha hingga membuat induk usaha asuransi.

"Dari pembentukan induk usaha tersebut akan dapat dana Rp 1,5 triliun. Nanti bisa dicicil kedepannya ke pemegang polis asuransi," kata Erick.

(Baca: Sri Mulyani Penasaran BPK Sebut Kasus Jiwasraya Berdampak Sistemik)

Sebagaimana diketahui, masalah likuditas Jiwasraya disebut-sebut merugikan negara  Rp 13,7 triliun. Nilainya diprediksi terus meningkat, mengingat penyidikan masih dilakukan oleh Kejaksaan Agung.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement