Cegah Banjir, Jokowi Minta Mendagri Koordinasi dengan Kepala Daerah

Dimas Jarot Bayu
6 Januari 2020, 15:27
Presiden Jokowi meminta para kepala daerah mewaspadai cuaca hujan ekstrem dan berkoordinasi dengan Mendagri untuk mencegah banjir
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo saat pembukaan Kongres XXV KOWANI di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para kepala daerah mewaspadai cuaca hujan ekstrem yang terjadi belakangan ini. Ia juga meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk berkoordinasi dengan kepala daerah dalam rangka persiapan pencegahan dan evakuasi ketika banjir terjadi.

“Kemendagri tolong ingatkan seluruh kepala daerah agar semuanya waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana, terutama saat musim hujan ekstrem seperti sekarang,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, hari ini (6/1).

Advertisement

Jokowi pun memerintahkan para menteri untuk turun langsung ke lapangan guna membantu para korban banjir. Perintah ini khususnya untuk Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Sosial Juliari Batubara, serta Menteri Badan Usaha dan Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

(Baca: Pengungsi Berkurang, Korban Banjir Jabodetabek Mulai Kembali ke Rumah)

Dia juga meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu penanggulangan banjir di lapangan secara cepat. “Perintah tak perlu saya ulang lagi,” kata dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya juga meminta masyarakat waspada atas potensi hujan ekstrem hingga pertengahan Februari 2020. BMKG memprediksi, hujan ekstrem berpotensi terjadi pada 10-15 Januari 2020. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement