Pertamina Target Mulai Mengebor Sumur di Blok Rokan Kuartal III 2020

Image title
3 Januari 2020, 16:25
Pertamina Target Mulai Mengebor Sumur di Blok Rokan Kuartal III 2020
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Gedung Pertamina di kawasan Jakarta Pusat (09/08).

Pertamina menargetkan dapat melakukan pengeboran di Blok Rokan pada Kuartal III 2020. Hal ini guna menahan laju penurunan produksi saat alih kelola dari Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke Pertamina pada 2021.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu mengatakan, perusahaannya harus segera melakukan pengeboran di blok minyak dan gas (migas) itu. Karena itu, diskusi antara Chevron dan Pertamina terkait skema bisnis saat transisi Blok Rokan harus mencapai titik temu sesegera mungkin.

Saat ini, Pertamina tengah memproses pengadaan long lead item untuk mengebor sumur di Blok Rokan. Long Lead Item merupakan barang-barang dengan spesifikasi khusus yang disesuaikan dengan karakteristik sumur.

Ia mengatakan, sulit untuk mengebor sumur di Blok Rokan pada Semester I 2020. “Karena kami fokus pada penyediaan barang-barang yang dibutuhkan untuk pengeboran, memastikan rig siap, menyiapkan crew, memastikan long lead item seperti wheel head terkumpul dan disiapkan semua,” ujar Dharmawan di Gedung Kementerian ESDM, hari ini (3/1).

(Baca: Pertamina dan Chevron Belum Sepakati Rencana Pengeboran Blok Rokan)

Dharmawan menjelaskan, pengeboran Pertamina di Blok Rokan akan lebih banyak dibanding ketika perusahaan mulai berinvestasi di Blok Mahakam. Setidaknya, Pertamina bakal mengebor 20 sumur di Blok Rokan.

Sejalan dengan target tersebut, perusahaan kemungkinan bakal merevisi Rencana Kerja dan Anggaran (WP&B) terkait target produksi. Apalagi, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mematok target produksi Blok Rokan 161 ribu barel minyak per hari (bopd) pada tahun ini.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...