Pertamina Fokus Kembangkan Tiga Blok Terminasi Tahun Ini

Image title
3 Januari 2020, 15:29
Pertamina Fokus Kembangkan Tiga Blok Terminasi Tahun Ini
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas Pertamina.

Pertamina menyatakan, bakal berfokus pada program Optimasi Pengembangan Lapangan-lapangan (OPLL) di tiga blok minyak dan gas bumi (migas) terminasi pada tahun ini. Ketiganya yakni Mahakam, Sanga-Sanga, serta rencananya di East Kalimantan dan Attaka.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu menjelaskan, program itu bertujuan mengembangkan blok migas yang sudah tua. Tahun ini, Pertamina akan memulai pengeboran 755 sumur pengembangan di Blok Sanga-Sanga.

"Nah itu bagaimana caranya supaya aset seperti Sanga-Sanga bisa dikembangkan meski usianya sudah cukup lanjut," kata Dharmawan di Gedung Kementerian ESDM, Jumat (03/01).

Menurut Dharmawan, Pertamina butuh insentif dari pemerintah untuk dapat melaksanakan program tersebut. Tujuannya, perusahaan pelat merah ini tetap mendapatkan nilai keekonomian dari proses pengembangan awal hingga masa produksi.

(Baca: SKK Migas Tinjau Ulang Pengelolaan Blok Terminasi oleh Pertamina )

"Secara garis besar bagaimana pemerintah juga memberikan keringanan-keringanan dari sisi misalnya split, perizinan yang dipermudah dan masalah sewa aset," ujarnya.

Dharmawan menyampaikan, pemilihan ketiga blok itu karena dinilai masih mempunyai potensi yang bagus untuk dikembangkan. Dengan program itu, ia optimistis dapat menciptakan siklus lapangan migas yang cukup panjang usianya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...