Hadiri Munas, Sebagian DPD Golkar Dorong Airlangga Jadi Capres 2024

Dimas Jarot Bayu
4 Desember 2019, 15:17
Sebagian Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I Partai Golkar mendorong Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menjadi calon presiden (capres) pada pemilihan umum (pemilu) 2024, saat menghadiri Munas
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) meninggalkan ruangan usai membuka secara resmi Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Beberapa Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I Partai Golkar mendorong Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menjadi calon presiden (capres) pada pemilihan umum (pemilu) 2024. DPD itu berasal dari Sulawesi Utara, Jawa Barat, Sumatera Utara, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua DPD Golkar Sulawesi Utara Tetty Paruntu mengatakan, dorongan agar Airlangga menjadi capres pada 2024 berasal dari akar rumput atau masyarakat umum. Mereka, kata Tetty, tak ingin jika Airlangga hanya menjadi Ketua Umum Golkar periode 2019-2024.

"Golkar Sulawesi Utara dan 15 DPD tingkat II siap memenangkan Pak Airlangga dalam Pilpres 2024 yang akan datang," kata Tetty saat memberikan pandangan umum dalam Musyawarah Nasional (Munas) Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu (4/12).

Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi juga ingin Airlangga menjadi capres. Hal ini bertujuan agar partai berlambang pohon beringin bisa mewujudkan capaian tertinggi dalam politik.

(Baca: Johnny Plate: 7 DPW NasDem Usul Surya Paloh Jadi Calon Presiden 2024)

Ia optimistis, Golkar bisa mempersiapkan Airlangga sebagai capres dalam lima tahun ke depan. "Ini bagian dari sebuah desain strategi Golkar untuk bangkit kembali menjadi pemimpin eksekutif di negeri ini," kata Dedi.

Ketua DPD Golkar Gorontalo Ruslie Habibie juga meminta Airlangga maju dalam Pilpres 2024. Sebab, menurutnya Golkar sudah cukup lama tak mengusung capres dari partai sendiri. Golkar, kata Ruslie, sudah bosan mengusung capres dari partai lain.

Karena itu, menurutnya Golkar perlu mempersiapkan Airlangga mulai saat ini agar bisa maju menjadi capres pada 2024. "Kami akan berusaha agar beliau (Airlangga) jadi capres," kata Ruslie.

(Baca: Daftar 15 Kandidat Potensial Capres 2024 versi LSI, Bakal Ada Kejutan)

Hal senada disampaikan oleh Ketua DPD Golkar NTT Melki Laka Lena dan Ketua DPD Golkar Sumatera Selatan Ahmad Doli Kurnia. Doli mengatakan, pihaknya akan mendorong Golkar mengutamakan Airlangga ketika mengusung capres pada lima tahun mendatang.

"Munas penting merekomendasikan punya calon untuk Pilpres 2024. Kami utamakan Ketua Umum, Bapak Airlangga Hartarto," kata Doli.

Menanggapi hal tersebut, Airlangga mengatakan bahwa aspirasi dari DPD itu akan dibahas lebih lanjut dalam Munas. Jika disepakati, maka wacana pengusungan Airlangga sebagai capres akan menjadi keputusan resmi Munas.

"Itu aspirasi. Ini akan dibahas dalam munas," kata Airlangga. (Baca: Ubah Pemilu Serentak, Airlangga Rekomendasikan Golkar Revisi UU Pemilu)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...