Tunggu Desain FEED Rampung, Lokasi Logistik Blok Masela Belum Diputus

Image title
19 November 2019, 11:49
skk migas belum menentukan lokasi penampungan logistik megaproyek Blok Masela
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto memberikan paparan dalam acara Sarasehan Migas Nasional ke dua dengan tema "Tren Terkini, Peluang dan Terobosan Industri Migas Indonesia Akses Pendanaan Bagi Industri Hulu Migas Indonesia" di Wisma Utama, Jakarta (10/10/2019).

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) belum menentukan lokasi penampungan logistik megaproyek Blok Masela. Alasannya, proses lelang pembuatan desain detail (Front End Engineering Design/FEED) fasilitas LNG Blok Masela masih berjalan.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, lembaganya masih mengkaji ulang sarana dan fasilitas yang dapat dimanfaatkan, baru bisa menentukan tempat penampungan logistik Blok Masela. Desain fasilitas LNG Blok Masela juga harus diselesaikan terlebih dulu.

Advertisement

"Perlu dikaji dulu, desain-nya kan belum selesai,” kata Dwi saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Senin (18/11) malam. Dari kajian itu, SKK Migas dapat mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan terkait penampungan logistik Blok Masela.

Dwi mengatakan, sarana dan fasilitas merupakan hal utama yang mendukung pengerjaan proyek Blok Masela. Karena itu, hal ini dikaji terlebih dulu baru menentukan lokasinya.

"Kalau tidak, barang-nya diturunkan ke mana? Itu kami lihat,” kata dia. Di Saumlaki, Maluku misalnya, ada hanggar untuk helikopter. Selain itu, SKK Migas perlu mengkaji beberapa hal lainnya.

(Baca: SKK Migas: Pemilihan Pelabuhan Logistik Blok Masela Harus Lewat Tender)

Sebelumnya, Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman menyampaikan, pemilihan tempat penampungan logistik proyek Lapangan Abadi Blok Masela harus melalui tender. Dalam proses tender itu, jarak dan biaya menjadi kriteria utama. "Seharusnya tender dan selalu begitu,” kata Fatar.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement