Ikatan Saudagar Muslim Usul Buat Kawasan Ekonomi Khusus Halal di Aceh 

Dimas Jarot Bayu
12 November 2019, 12:47
Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) mengusulkan kepada pemerintah untuk membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) halal di Kabupaten Aceh Barat Daya
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Ilustrasi, pengunjung menikmati panorama matahari terbenam (sunset) di kawasan objek wisata pantai batu putih Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Kamis (10/10/2019). Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) mengusulkan kepada pemerintah untuk membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) halal di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) mengusulkan kepada pemerintah untuk membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) halal atau berbasis syariah di Kabupaten Aceh Barat Daya. KEK tersebut diberi nama Barat Selatan Aceh (Barsela). 

Ketua ISMI Ilham Akbar Habibie mengatakan, Barsela bakal menjadi KEK halal pertama di Indonesia. Bila usul ini disetujui, KEK itu bisa menempati lahan seluas 745 hektar yang dihibahkan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya untuk dimanfaatkan selama 30 tahun.

"Ada satu inovasi dari ISMI, usulan membentuk KEK halal pertama di Indonesia, di Aceh Barat Selatan," kata Ilham usai bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (12/11).

KEK Barsela ini bakal memiliki program Surin Industrial Smart City (SISC) yang mengintegrasikan pusat industri, permukiman, dan pelabuhan. Selain itu, KEK Barsela bakal mengintegrasikan delapan kabupaten yang berada di sekitarnya.

(Baca: Garap Wisata Halal di Mandalika, Investor Qatar Kucurkan Rp 7 Triliun)

Namun, proses pengajuan usulan KEK Barsela ini belum tuntas. Ilham mengatakan, ISMI masih harus mengurus perizinan KEK Barsela ke Dewan Nasional KEK yang berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.  "(Proses) itu akan kami jalankan. Tadi kami minta masukan dari Wapres," kata dia.

Ketua ISMI Aceh Nurcholis memperkirakan, kelapa sawit bakal menjadi jangkar industri di KEK Barsela. Ia mengaku bakal menarik 16 perusahaan kelapa sawit yang berlokasi di dekat KEK tersebut untuk berinvestasi.

Nantinya, mereka didorong untuk bisa mengekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) ke Asia Selatan lewat KEK Barsela. "Jadi nanti tumbuh industri baru di situ, sesuai dengan harapan Pak Wapres (Ma’ruf Amin) yang menggagas arus ekonomi baru di Indonesia," kata dia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...