Menkominfo Tak Akan Blokir Internet Saat HUT Organisasi Papua Merdeka

Dimas Jarot Bayu
31 Oktober 2019, 16:33
Menteri Kominfo Johnny G Plate tidak akan membatasi internet saat hari jadi OPM dengan satu syarat
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, Johnny G Plate di Kompleks Istana Kepresidenan, di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Menteri Kominfo Johnny G Plate tidak akan membatasi internet saat hari jadi OPM dengan satu syarat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan, kementeriannya tak berencana membatasi internet pada saat hari lahir Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember 2019. Sebab, belum ada tanda-tanda kekacauan di wilayah tersebut.

"Tidak ada (pembatasan internet). Terjadi disorder (kekacauan) tidak?" kata Johnny di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta, Kamis (31/10).

Ia menjelaskan, pembatasan internet baru akan dilakukan jika ada potensi kekacauan atau hal-hal lain yang membahayakan kedaulatan negara. Misalnya, muncul konten negatif seperti hoaks dan ujaran kebencian terkait keonaran di suatu wilayah, maka kebijakan itu diterapkan.

Lagi pula, pembatasan internet bukan hanya keputusan Kementerian Kominfo. Ia harus berdiskusi terlebih dulu dengan aparat penegak hukum terkait kondisi di suatu wilayah yang mengalami kekacauan.

(Baca: Atasi Hoaks, Menteri Kominfo Anyar Buka Opsi Batasi Internet)

Jika dirasa penyebaran hoaks atau ujaran kebencian itu masif, bisa jadi—berdasarkan kesimpulan bersama—diputuskan untuk membatasi internet. "Yang pertama hadir di lapangan kan aparat penegak hukum, kepolisian, dan tokoh-tokoh masyarakat," kata dia.

Ia menegaskan bahwa kementeriannya melakukan pengawasan setiap hari. Hal itu termasuk konten seputar hari jadi OPM pada 1 Desember 2019 nanti. Pengamatan itu dilakukan secara tertutup, demi menjaga keadulatan dan keamanan masyarakat. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...