Sebelum Pelantikan, Jokowi Terima Kunjungan Kehormatan 5 Tamu Negara

Dimas Jarot Bayu
20 Oktober 2019, 09:28
Presiden Jokowi menerima lima tamu negara sebelum pelantikan
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) menyambut kunjungan kehormatan Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong beserta istrinya Ho Ching di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Presiden Jokowi menerima lima tamu negara sebelum pelantikan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali hari pelantikannya dengan menerima kunjungan kehormatan dari lima tamu negara. Mereka adalah Kepala Negara dari Brunei Darussalam, Australia, Singapura, Kamboja, dan Eswatini.

Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi menjelaskan, Jokowi akan bertemu terlebih dulu dengan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. Kemudian, Presiden beserta istrinya, Iriana bakal bertemu dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan istrinya, Jenny Morrison.

Advertisement

Lalu, Jokowi dan Iriana menerima kunjungan dari Perdana Menteri Republik Singapura YM Lee Hsien Loong beserta istrinya, Ho Ching. Setelah itu, Jokowi bakal bertemu dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen.

“Kemudian Pak Jokowi akan bertemu Raja Eswatini, Mswati III beserta Siphelele Mashwama,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10). 

(Baca: Jelang Pelantikan Presiden, Ruas Jalan di Sekitar Istana & DPR Ditutup)

Setelah itu, Jokowi bersama Ma’ruf Amin menuju gedung DPR/MPR untuk dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Rencananya, pelantikan dimulai pukul 14.30 WIB dan bakal dihadiri oleh 17 kepala negara, serta 168 Duta Besar negara sahabat.

Setelah acara pelantikan usai, Jokowi akan bertolak kembali ke Istana. Retno mengatakan, Presiden bakal kembali menerima kunjungan kehormatan dari tamu negara sahabat di Istana.

“Setelah Bapak (Jokowi) pelantikan, akan ada lagi (pertemuan dengan tamu negara sehatab),” kata Retno.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement