14 Jurnalis Jadi Korban Saat Demonstrasi, AJI Tuntut Empat Hal

Desy Setyowati
28 September 2019, 09:12
AJI mencatat ada 14 jurnalis yang menjadi korban kekerasan saat meliput demonstrasi mahasiswa. AJI menuntut empat hal
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Ilustrasi, sejumlah wartawan yang tergabung dalam Wartawan Hitam Jakarta menggelar aksi unjuk rasa di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9/2019). AJI mencatat ada 14 jurnalis yang menjadi korban kekerasan saat meliput demonstrasi mahasiswa.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mencatat, ada 14 jurnalis yang menjadi korban pemukulan oleh polisi dan massa saat meliput demonstrasi mahasiswa terkait regulasi kontroversial. Karena itu, AJI menuntut empat hal terhadap kepolisian.

Pertama, Polda Metro Jaya mencabut status tersangka terhadap Dandhy Dwi Laksono dan membebaskannya dari segala tuntutan hukum. Kedua, menghentikan penangkapan sewenang-wenang seperti yang dilakukan terhadap Dandhy Dwi Laksono dan Ananda Badudu.

Advertisement

Ketiga, Polda Metro Jaya meminta maaf dan merehabilitasi nama baik atas tuduhan yang disangkakan kepada Dandhy Laksono dan Ananda Badudu. Terakhir, mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mereformasi Polri atas serangkaian kasus kekerasan terhadap jurnalis di Papua dan aksi unjuk rasa di berbagai kota pada 23-24 September 2019.

“Hasil rekapitulasi AJI Indonesia dalam sepekan ini, tercatat 14 jurnalis menjadi korban kekerasan aparat dan kelompok massa, serta korban penangkapan dan kriminalisasi,” demikian dikutip dari keterangan resmi AJI, kemarin (27/9). AJI mencatat, jurnalis yang menjadi korban kekerasan aparat dan massa tersebar di Jakarta, Makassar, Palu dan Jayapura.

(Baca: Jurnalis Katadata Dipukul Polisi saat Liputan Demonstrasi di DPR)

Reporter Katadata.co.id, Tri Kurnia (27) merupakan salah satu korban pemukulan oleh aparat saat merekam kericuhan di sekitar kawasan Palmerah-Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Selain Kurnia, kekerasan juga menimpa Vanny El Rahman dari IDN Times, dan Nibras Nada Nailufar dari Kompas.com.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement